ISS-Street-View

Setelah sukses menyuguhkan pemandangan berbagai sudut jalan di penjuru dunia lewat fitur Street View, kini Google Maps ingin menyuguhkan sesuatu yang luar biasa lainnya dengan menembus stratosphere. Melalui postingan di blog resminya, Google mengumumkan bahwa saat ini pengguna Google Street View bisa menjelajah isi dari International Space Station (ISS) / Stasiun Luar Angkasa Internasional.

Apakah Google mengirimkan mobil street view ke ISS? Tentu tidak. Citra 360 dari ISS diambil oleh Thomas Pesquet, astronot dari European Space Agency (ESA) yang bertugas untuk memotret suasana di dalam ISS selama kurang lebih 6 bulan terakhir.

Tim Street View bekerjasama dengan NASA dan Marshall Space Flight Center untuk menemukan sebuah metode pengambilan foto menggunakan kamera DSLR dan peralatan yang ada di ISS dengan ruang 0 gravitasi. Pasquet mengabadikan setiap meter ruangan di dalam ISS untuk kemudian dijahit oleh tim Street View agar bisa tampak seperti yang ada di Google Maps saat ini.

Street View di ISS menawarkan tampilan close-up dari dalam 15 modul ISS, memungkinkan kita bergeser ke setiap sudut ruangan di masing-masing modul ISS. Tidak hanya bisa melihat isi ruangan ISS saja, ada beberapa titik yang ketika kita klik akan menampilkan informasi dari apa yang kita lihat, seperti BEAM – Modul Kedirgantaraan Bigelow Expanded dan COLBERT – perlengkapan fitnes untuk astronot yang mana alat ini digunakan oleh Astronot Latihan aerobik dan latihan beban tertentu dua jam setiap hari.

Inside-ISS-Street-View

Penasaran seperti apa Street View dari ISS? Klik di sini untuk melihatnya, dan simak video di bawah ini untuk kamu yang ingin tahu bagaimana di belakang layar pembuatan Street View ISS ini.