Facebook

Kabar terbaru dari sang raksasa jejaring sosial Facebook. Perusahaan yang dikomandani Mark Zuckerberg ini baru saja melakukan akuisisi pembelian sebuah startup bernama Source3, perusahaan startup yang fokus dalam hal pengaturan dan analisa kekayaan intelektual bermerek dalam konten buatan pengguna, seperti musik, video, serta hal lain yang diunggah ke Internet.

Tujuan Facebook membeli Source3 adalah untuk menertibkan video yang diunggah oleh penggunanya. Seperti yang kita ketahui bahwa fitur video yang ada di Facebook menjadi fitur favorit dan cukup menarik perhatian dari para pengguna. Tak jarang kita melihat teman kita di Facebook mengunggah video yang bukan hasil karya dia sendiri. Bahkan ada yang mengunggah film ke Facebook. Hal seperti itulah yang ingin ditertibkan oleh Facebook. Dari sisi bisnis, Facebook juga menaruh perhatian dan harapan besar pada konten video di platformnya.

Dengan teknologi yang dimiliki Source3 yang memiliki platform yang menghubungkan pemilik merek untuk mengelola hak atas kekayaan intelektualnya, ini memungkinkan pemilik merek mengotrol penyebaran secara ilegal produk kekayaan intelektual miliknya di situs jejaring sosial dengan jumlah pengguna yang mencapai 2 Milyar ini.

Belum ada informasi yang menyebutkan berapa uang yang dikeluarkan Facebook untuk mengakuisisi perusahaan rintisan Source3 ini. Namun yang jelas ini merupakan satu lagi upaya positif Facebook untuk melindungi hak kekayaan intelektual dari penyalahgunaan dan pembajakan.

Jadi siap-siap untuk kamu yang menganggap mengunggah video orang lain atau film di Facebook tidak akan ada masalah. Hehehe… Bagaimana menurutmu?