iphone-5c-front-colours

Saat ini Apple tengah bekerja keras untuk menghardirkan pembaruan terbaru sistem operasi iOS 10.3.2 yang mana masih dalam fase beta testing sebelum diluncurkan secara luas ke publik. Namun ada kabar kurang enak yang hadir jelang kehadiran pembaruan iOS 10.3.2 ini. Jutaan pengguna perangkat iPhone dipastikan tidak akan dapat mencicipi pembaruan iOS terbaru ini.

Kenapa bisa demikian? Pembaruan iOS 10.3.2 hanya mendukung perangkat mobile Apple yang berprosesor 64-bit, artinya tidak kompatible untuk perangkat iPhone 5 dan iPhone 5C.

iOS 11 yang juga akan dirilis Apple tahun ini dikabarkan juga tidak akan kompatible untuk perangkat mobile Apple dengan prosesor 32-bit. Namun langkah Apple menghilangkan dukungan iOS untuk jutaan perangkat iPhone lamanya ini benar-benar tidak biasa. Apple memutus dukungan pembaruan di pertengahan siklus pembaruan iOS 10 bukan di versi penuh iOS berikutnya.

iOS 10.3.2 hanya membawa sedikit pembaruan, yakni perbaikan bug untuk aplikasi VPN pihak ketiga dan perintah Sirikit Car, tapi Apple telah memutuskan handset yang lebih tua tidak akan mendapatkannya. Pengguna yang ingin mendapatkan pembaruan ini minimal harus menggunakan iPhone 5s atau versi terbaru, iPad Mini 2 atau di atasnya, atau generasi keenam iPod touch.

Belum ada informasi berapa jumlah iPhone 5 dan iPhone 5C yang masih aktif sampai sekarang, namun berdasarkan data pencapaian penjualan Apple, Apple berhasil menjual 90 juta unit iPhone 5, sehingga bisa diasumsikan masih ada jutaan iPhone 5 aktif di luar sana.

Ini merupakan kali pertama memutus dukungan ke perangkat lamanya di siklus minor update. Normalnya penghentian dukungan dilakukan pada mayor update. Mudah-mudahan hal ini tidak akan menjadi praktek umum ke depannya.