Memutuskan untuk membeli sebuah konsol game bisa dipastikan tidak akan cukup berhenti hanya membeli mesin konsol dan game saja. Ada beberapa hal lain yang tidak wajib dibeli namun penting untuk keberlangsungan aktifitas gaming kita utamanya menjaga konsol game tetap awet dan dapat dimainkan hingga waktu yang cukup lama.

Tak terkecuali kamu yang baru saja membeli konsol game terbaru dari Nintendo, yakni Nintendo Switch. Konsol game ini didesain untuk para penggemar game yang menginginkan pengalaman bermain game tanpa ribet. Dengan Nintendo Switch gamer tidak hanya duduk di depan layar TV, melainkan bisa memainkan game favorit dari mana saja karena Nintendo Switch benar-benar ringkas dengan dilengkapi layar dan dapat dihubungkan dengan perangkat TV jika kita menginginkan sensasi bermain game di layar yang lebih lebar.

Nah, untuk mendukung hal tersebut ada beberapa aksesoris wajib yang harus dimiliki pengguna Nintendo Switch untuk mendukung aktifitas bermain game. Beberapa aksesoris untuk Nintendo Switch yang wajib dimiliki tersebut adalah:

Case atau Tas Khusus

Ini adalah aksesoris penting pertama yang wajib dimiliki oleh pemilik Nintendo Switch. Bentuknya yang ringkas dan memungkinkan dibawa ke mana-mana ini pastinya membuat kita untuk terus membawanya. Walaupun tanpa tas konsol game ini masih cukup ringkas untuk masuk ke dalam tas punggung atau tas yang kita pakai, saya sarankan kamu untuk memiliki tas khusus menyimpan perlengkapan Nintendo Switch.

Nintendo Switch CaseSelain untuk memudahkan kita membawa konsol game ke mana-mana, case atau tas khusus ini juga berguna untuk melindungi konsol dari benturan atau gesekan dengan benda lain.

Jika kamu berencana membeli Case, Pouch, atau tas khusus untuk Nintendo Switch, saya sarankan untuk membeli tas berbahan yang kuat dan menawarkan perlindungan untuk perangkat yang ada di dalamnya. Pilih tas dengan lapisan yang semi-keras dan menawarkan aksesibilitas yang mudah untuk dibawa.

Screen Protector atau Pelindung Layar

Nintendo Switch Screen Protector

Di paket pembelian Nintendo Switch sudah disertakan pelindung layar, saya sarankan untuk tidak menggunakan pelindung layar tersebut, lebih baik kamu membeli pelindung layar sendiri, yang bermerek dengan kualitas lebih bagus. Pelindung layar tambahan bawaan paket pembelian tidak cukup kuat karena berbagan plastik biasa.

Kartu Memori

Nintendo Switch dilengkapi dengan penyimpanan internal sebesar 32GB, besar? Sangat kecil untuk ukuran sebuah konsol game. Kapasitas 32 GB ini hanya mampu menyimpan 1 judul game saja, bahkan untuk beberapa judul game populer mengharuskan kamu untuk menambahkan kartu memori sebelum mendownload dan memainkannya di konsol Nintendo Switch.

microSD Card

Nintendo Switch dilengkapi dengan slot microSD yang mendukung penggunaaan kartu memori berkapasitas hingga 2TB – meskipun belum ada produsen yang memproduksi. Jadi kamu bisa menambahkan kapasitas penyimpanan atau menyimpan game dan backup di kartu memori. Untuk itulah kenapa kartu memori menjadi aksesoris yang wajib kamu miliki untuk mendampingi Nintendo Switch milikmu.

Power Bank

Nintendo benar-benar cerdik saat mendesain konsol game Nintendo Switch miliknya. Untuk mendukung kamampuan mobile dari Nintendo Switch, Nintendo membenamkan baterai berkapasitas 4,310 mAh di bagaian tablet yang diklaim dapat bertahan kurang lebih 6 jam dan baterai berkapasitas 525 mAh di Joy-con yang mampu membuat stick konsol bertahan kurang lebih 20 jam.

Power Bank

Nah, gak mau kan ketika asik main game di luar atau di sebuah perjalanan tiba-tiba baterai habis atau joy-con mati. Nah untuk menanggulangi hal tersebut kamu butuh Power Bank. Ya, kamu bisa menggunakan power bank untuk mengisi ulang baterai Nintendo Switch. Cukup menghubungkan Nitendo Switch ke Power Bank dengan kabel USB Type-C, daya akan terisi.

Adakah power bank khusus? TIDAK. Cukup cari power bank yang keluaran dayanya stabil dan sesuai yang dibutuhkan oleh Nintendo Switch. Jangan menggunakan Power Bank abal-abal karena sebagaian power bank ini keluaran dayanya sangat tidak stabil yang mana dapat merusak perangkat.