Gear S3 Frontier (Kiri) dan Gear S3 Classic (Kanan)

Samsung pada awal tahun 2017 ini telah merilis wearables terbarunya, Samsung Gear S3 bersamaan dengan rilisnya S7 Edge dengan 3 varian warna baru: Black Pearl, Coral Blue, Pink Gold. Samsung Gear S3 memiliki 2 versi, yaitu versi Frontier dan Classic. Keduanya dirilis dengan harga yang sama, Rp 4.999.000. Dari sisi design, tidak seperti Gear S2, seri Gear S3 tidak memiliki versi dengan design sporty. Bentuk dan tampilan kedua versi Gear S3 bisa dibilang cukup mirip dengan beberapa perbedaan. Gear S3 Classic dengan tampilan yang polos dan classy, sedangkan S3 Frontier tampil lebih “garang” dengan warna body hitam pekat dan corak bezel yang lebih ramai.

Jika dibandingkan dengan Gear S2, Samsung membekali Gear S3 dengan beberapa upgrade penting. Yang paling tampak adalah dimensi layar yang lebih besar, yaitu 1.3 inch (360×360) AMOLED display, lebih besar 0.1 inch dibandingkan Gear S2. Baik Gear S3 dan juga Gear S2 sudah memiliki sertifikasi IP68, yang berarti keduanya tahan air dan juga debu. Fitur Always On Display (AOD) Gear S3 juga lebih unggul, karena dapat menampilkan 16 juta warna, tidak seperti AOD Gear S2 yang hanya menampilkan beberapa warna saja. RAM, Battery dan Memory pada Gear S3 lebih besar 50% dibandingkan Gear S2. Sehingga dari sisi performa, jelas Gear S3 lebih unggul dibandingan Gear S2. Namun tenang, jika kamu sudah memiliki Gear S2, banyak sekali fitur-fitur unggulan dari Gear S3 yang akan diturunkan juga ke Gear S2. Semoga fitur AOD yang cakep tadi juga diturunkan di update software selanjutnya. Amin.

Pilihan Strap Gear S3 Frontier & Classic

Hal lain yang cukup oke yaitu dari kostumisasi strap. Seri Gear S3, baik Classic dan Frontier, memiliki 8 pilihan strap bawaan. 3 strap silicon, dan 5 strap kulit. Selain itu, Gear S3 juga dapat diganti dengan strap apapun dengan lebar strap 22mm. Berbeda dengan Gear S2 yang susah mencari strap custom karena susah menemukan strap yang benar-benar compatible.

Seperti layaknya gadget yang baru rilis lainnya, Gear S3 memiliki beberapa bugs yang agak menggangu. Herry SW, seorang reviewer gawai yang terkenal dengan inisial HSW ini sempat mencoba Gear S3 dan menemukan beberapa permasalahan di devicenya.

Bugs yang terjadi ini bukan berarti terjadi di semua Gear S3, karena bugs biasanya hanya terjadi di beberapa device saja. Dan tentunya, bugs seperti ini bisa jadi hanya permasalahan software saja. Sehingga mungkin saja dapat teratasi di software update berikutnya.

Kamu sudah pernah mencoba, atau mungkin sudah memiliki Gear S3? Bagi komentar/review kalian di kolom komentar, ya!