Teknonesia

5 tahun sudah blog IDGEEKS dengan domain utama IDGEEKS.Net hadir di jagat maya untuk menghadirkan kabar terbaru dari dunia teknologi. Jalan di tahun ke-6 ini saya ingin menghadirkan sesuatu yang berbeda dengan format baru di IDGEEKS.Net. Setelah sekian lam vakum dan tidak ada artikel terbit, saya ingin memulai dengan sesuatu yang baru, benar-benar baru. Untuk itulah saya melakukan transformasi branding sekaligus domain idgeeks dengan domain utama IDGEEKS.Net menjadi TeknoNesia dengan domain utama teknonesia.net.

Kenapa mengganti brand dan domain IDGEEKS? Apa tidak sayang?

Tercatat didaftarkan pada 1 Juni 2011, 5 tahun lebih perjalanan IDGEEKS memiliki berbagai cerita menarik. Mulai dikerjakan keroyokan dengan teman kuliah hingga menyabet penghargaan di ajang Kopdar Blogger di tahun 2011, sampai masukĀ  dan keluar sandbox Google. Pastilah sayang jika berganti nama, mengingat traffic, brand awareness yang selama ini sudah ada harus hilang dan memulai dari awal kembali.

Ada banyak pertimbangan kanapa saya memutuskan untuk mengganti nama ini. Yang paling utama adalah saya ingin menggunakan nama yang lekat dengan telinga dan mudah dipahami oleh para pengunjung yang mayoritas dari Negara Indonesia. Ya, diperjalanan merintis IDGEEKS, banyak yang susah melafalkan nama IDGEEKS, entah itu yang Geek tidak pakai “S” atau menggunakan i sebagai ganti huruf e di kata geek. Berbagai masukan untuk mengganti nama sudah saya terima dari 3 tahun lalu, namun karena nama sudah dipakai dan sudah menyebar, berat jika harus berganti nama saat itu.

Pasang surut perjalanan, yang mana lebih banyak surutnya sampai IDGEEKS tak lagi menyuguhkan tulisan sebanyak ketika di awal kemunculannya karena satu persatu penulis tak lagi mengirimkan tulisan ke IDGEEKS hingga kemudia saya sendiri yang memutuskan untuk menjaga agar tetap ada tulisan terbit di IDGEEKS. Sayang jika 2.300-an tulisan di IDGEEKS saya telantarkan begitu saja, maka terpikir untuk tetap melanjutkan mengelola sendiri blog IDGEEKS. Terfikir untuk mempertahankan nama IDGEEKS namun kok merasa nanggung, sekalian saja buat sesuatu yang baru dengan format yang baru sekalian. Setelah ngobrol sana-sini dengan beberapa teman, akhirnya mantap untuk menutup IDGEEKS dan move on ke TeknoNesia.

Tidak sayang dengan IDGEEKS.Net? Hmmm.. Sayang.. Namun untuk memulai hal baru tidak mengapa jika harus ada yang dikorbankan. Hehehe…

Apa yang baru di TeknoNesia?

Secara arwah, tidak ada yang beda antara TeknoNesia dengan IDGEEKS. Saya hanya ingin mulai konsisten menciptakan konten yang lebih variatif dan bermanfaat pastinya, di Blog ini. Setiap hari, senin – jumat TeknoNesia akan menghadirkan 1 update kabar terbaru dari dunia teknologi dan setiap sabtu atau minggu saya akan menghadirkan tulisan tips & trik / tutorial seputar penggunaan teknologi. Sebulan sekali, saya akan hadirkan opini menyoal apa yang tengah hits dibulan tersebut di TeknoNesia. Agar lebih greget lagi, saya juga akan membuat Video berisi ulasan sebuah produk atau tips dan tutorial. Untuk video, karena proses pembuatan membutuhkan efort yang lebih, saat ini tidak ada target waktu terbit, tetapi diupayakan setiap bulan ada 1 konten video yang terbit. *doakan bisa konsisten.. Hehe..

Selain konten berita teknologi atau ulasan produk, di TeknoNesia saya juga berkeinginan untuk membantu teman-teman komunitas teknologi dan para pegiat startup teknologi untuk mempromosikan produk, komunitas atau kegiatan komunitasnya. Di awal, saya akan korek-korek informasi seputar kegiatan komunitas atau startup yang ada di Surabaya (karena base lokasi di Surabaya) untuk saya tulis dan terbitkan di TeknoNesia. Kedepan, saya berharap teman-teman komunitas dan pegiat startup teknologi bisa japri saya via email atau kontak yang lain. TeknoNesia siap memuat tulisan dan membantu mempromosikan aktifitas kalian. Jangan sungkan!

Apakah masih membuka kesempatan Kolaborasi Konten?

Saat ini pengelolahan konten di TeknoNesia sebagaian besar masih saya kerjakan sendiri sembaru menunggu kiriman tulisan dari Yori dan Prasetyoh, dua orang teman dari Surabaya yang konsen juga pada dunia teknologi utamanya gadget.

Kemungkinan pengelolahan konten keroyokan masih terbuka lebar di TeknoNesia layaknya di IDGEEKS. Saya masih menunggu ada di antara teman-teman yang bersedia untuk ikut keroyokan mengelola konten di TeknoNesia. Namun karena saya sadar bahwa tidak mudah mengumpulkan tulisan dari para penulis lain – apa lagi model volunteer alias sukarela, harap maklum jika hingga beberapa waktu kedepan teman-teman masih banyak melihat nama saya di konten TeknoNesia.

Jadi monggo jika ada di antara teman-teman yang ingin membantu pengelolahan TeknoNesia, silahkan langsung japri saya! Hehe.

Mungkin itu dulu sedikit awalan untuk memulai sesuatu yang baru ini. Selamat tinggal IDGEEKS.Net, selamat datang TeknoNesia.Net!

Mohon do’a dan restunya!

(FRE)