Selain menghadirkan antarmuka (GUI) yang memukau, MacOS juga menawarkan environtment command line melalui program Terminal layaknya command line di platform Linux. Namun, banyak yang belum tahu jika ada lebih dari 1.400 perintah yang bisa kamu gunakan dengan aplikasi Mac Terminal. Bagaimana kita bisa mengetahui secara lengkap perintah-perintah tersebut? Ini yang harus kamu lakukan!

Cara Melihat Semua Kemungkinan Perintah yang ada di Terminal MacOS

Pada kesempatan kali ini, saya menggunakan sistem operasi OS X El-Capitan, Mac Terminal dan semua perintah yang ada pada postingan kali ini bekerja dengan baik di versi terbaru sistem operasi Mac yang umum digunakan saat ini selama kita menggunakan standar bash prompt bawaan OS.

Berikut ini cara melihat semua perintah yang ada di MacOS

  1. Buka aplikasi Termian. Aplikasi dapat ditemukan di Applications/Utilities/ atau kamu dapat mencarinya di Spotlight Search dan mengetikkan “Terminal” lalu tekan Enter.
  2. Di jendela bash prompt yang muncul, tekan Escape di Keyboard dua kali.
  3. Kamu akan mendapatkan pesan “Display all 1468 possibilities? (y or n)” tekan “y” untuk memulai menampilkan semua perintah yang ada.
  4. Daftar perintah akan muncul dan berhenti setiap kali mengisi layar Terminal. Tahan tombol Return di keyboard untuk melihat baris per baris daftar perintah. Tekan spasi untuk pindah seluruh layar halaman ke bawah. (Jika diperlukan, kamu juga dapat mengarahkan kembali ke layar sebelumnya dengan menggunakan pointer mouse.)
  5. Setelah kita selesai melihat semua isi perintah yang ada dan ingin keluar dari daftar tersebut, tekan Delete atau Backspace di keyboard.

Cara mengetahui informasi & fungsi sebuah perintah Terminal MacOS

Sekarang kita sudah tahu ada banyak sekali perintah yang bisa kita gunakan di Terminal Mac, tapi apa fungsi dari masing-masing perintah yang ada tersebut?

Berikut ini cara informasi dan fungsi sebuah perintah yang ada di Terminal MacOS

Akses-Man-Page-Terminal-MacOS

  1. Lakukan tahapan 1 – 3 di bagaian cara menampilkan semua daftar perintah di Terminal Mac.
  2. Klik kanan di salah satu perintah yang muncul.
  3. Pilih “Open man page“.
  4. Halaman manual dari perintah yang kita pilih akan terbuka di jendela baru. Berisi penjelasan lengkap mengenai fungsi perintah yang kita pilih dan bagaimana menggunakannya seperti yang ada di foto berikut.

Terminal-MacOS---Man-Page

Bagaimana? Sudah tahu semua perintah yang ada di program Terminal MacOS? Mudah bukan? Selamat mengeksplorasi environtment command line di MacOS.