6 widget terbaik teknonesia

Fitur widget yang dihadirkan Apple di iOS merupakan sebuah fitur yang cukup berguna bagi pengguna perangkat mobile Apple untuk mengetahui update secara cepat setiap hari. Meskipun widget ini disediakan langsung oleh Apple untuk setiap perangkat dengan iOS 10, namun kita bisa menambahkan beberapa widget dari pihak ke-3 yang akan memudahkan aktivitas kita dan dijamin lebih menarik dari widget yang disediakan oleh Apple.

Banyak sekali pengembang aplikasi pihak ketiga yang membuat dan menyediakan widget untuk iOS 10. Nah dikesempatan posting kali ini, TeknoNesia coba pilihkan 6 widget untuk iOS 10 yang menjadi favorit penulis dan cukup membantu aktifitas kita saat menggunakan perangkat iPhone maupun iPad.

6 iOS Widget Terbaik Pengganti Widget Standar Apple tersebut yaitu:

OmniFocus 2

Apple menyediakan aplikasi pengingat secara gratis yang hadir langsung di perangkat iOS, namun aplikasi pengingat ini tidak memiliki fitur selengkap yang ada di aplikasi To-Do. Aplikasi Omnifocus 2 bisa dibilang merupakan aplikasi yang akan menjadi “Otak” kedua kita. Widget aplikasi OmniFocus memungkinkan kita untuk benar-benar melihat dan tidak membiarkan kita melewatkan jadwal yang sudah disusun, dan pastinya kita bisa langsung menambahkan jadwal baru dari widget tanpa perlu membuka aplikasi.

Dapatkan Aplikasi Omnifocus 2: iOS Apps Store, $39.99

Google Keep

Aplikasi Notes native bawaan iOS mendapatkan cukup banyak pembaruan saat beberapa tahun terakhir utamanya aplikasi Notes di iOS 10 tetapi jujur walaupun datang dengan berbagai pembaruan fitur, kemampuan visual aplikasi Notes bawaan iOS sedikit kurang menarik.

Google Keep hadir dengan berbagai fitur yang ada Apple Notes tetapi dengan tambahan fitur yang tak ada di Apple Notes seperti kemampuan menambahkan warna dan menambahkan label di catatan yang kita buat. Dengan adanya fitur label di Google Keep membuat kita dapat mengkategorikan catatan yang kita buat dan menggunakannya layaknya menggunakan fitur di aplikasi To-Do.

Dengan mengaktifkan widget Google Keep, kita dapat dengan mudah membuat sebuah catatan seketika itu tanpa perlu menunggu aplikasi terbuka yang mana kita tidak akan menemukan fitur ini di aplikasi Apple Notes.

Dapatkan Aplikasi Google Keep: iOS Apps Store, GRATIS

Google Maps

Bagi kamu pengguna perangkat iOS yang suka jalan-jalan atau traveling, keberadaan aplikasi Maps di perangkat kamu bisa jadi merupakan sebuah kebutuhan. Meskipun Apple menyediakan aplikasi Maps, dalam berbagai hal banyak pengguna iOS lebih mengandalkan aplikasi Google Maps.

Nah, pembaruan aplikasi Google Maps untuk iOS 10 menyediakan widget yang menghadirkan kemampuan menampilkan informasi kemacetan di sekitar kita tanpa perlu membuka aplikasi Google Maps terlebih dahulu.

Dapatkan Aplikasi Google Maps: iOS Apps Store, GRATIS

Dark Sky

Dark Sky merupakan salah satu aplikasi pemantauan cuaca terbaik untuk perangkat iOS. Widget aplikasi Dark Sky memberikan update sangat akurat mengenai kondisi cuaca. Aplikasi informasi cuaca hiperlokal ini mengalahkan aplikasi Weather dari Apple ketika kamu ingin melihat kondisi cuaca yang akan terjadi selama beberapa jam ke depan di lokasi sekitar kita. Lebih lengkap dan sangat akurat.

Dapatkan Aplikasi Dark Sky: iOS Apps Store, $4

Fantastical 2

Banyak sekali aplikasi kalender seperti aplikasi kalender besutan Apple. Bagi kamu yang menjadikan tampilan sebagai syarat utama, aplikasi Fantastical 2 wajib kamu pilih dan coba. Hadir dengan UI yang simple dan bahasa natural saat membuat entri baru secara cepat dan mudah, seperti “Telepon Pacar besok, jam 7 malam”, sebuah keunggulan yang tidak akan kita temukan diaplikasi kalender bawaan iOS.

Widget aplikasi Fantastical 2 lebih powerful dari pada yang terlihat, yakni dengan menampilkan semua jadwal event dan janji yang sudah kita masukkan. Pastinya, kamu bisa langsung menambahkan entri baru di widget ini.

Dapatkan Aplikasi Fantastical iOS Apps Store, $4.99

Timepage

Moleskine’s Timepage, satu lagi aplikasi kalender untuk iOS dari pihak ketiga yang cukup menarik untuk kita coba. Menyajikan informasi dengan visual yang berbeda dari biasanya serta beberapa macam widget yang belum pernah ada sebelumnya. Widget menampilkan informasi yang cukup lengkap seperti info cuaca dan beberapa rencana atau jadwal untuk beberapa minggu ke depan.

Dapatkan Aplikasi Timepage: iOS Apps Store, $4.99

Cara Tambahkan Widget di iOS

Untuk kamu yang tertarik memasang beberapa widget di atas namun masih bingung bagaimana menambahkan widget untuk perangkat iOS yang kamu gunakan, berikut ini cara tambahkan widget di iOS 10:

  1. Di bagaian Today View Scroll dari bagaian atas layar ke bawah hingga muncul halaman widget.
  2. Tap “Edit” di bagaian paling bawah halaman widget. Masukkan passcode atau TouchID untuk membuka kunci perangkat (jika kita pasang passcode untuk akses perangkat).
  3. Di jendela yang muncul, tampak berbagai macam widget yang tersedia dengan widget yang terpasang ada di paling atas. Jika kita ingin menghapus widget  yang tampil tersebut, cukup tap lingkaran warna merah dengan simbol “-” di kiri nama widget.
  4. Untuk melihat widget lain yang tersedia, gulir/scroll ke bawah.
  5. Tap lingkaran warna hijau dengan simbol “+” untuk menampilkan widget di Today View.
  6. Jika kamu ingun menyusun urutan widget yang akan tampil, cukup tap dan tahan icon strip 2 disebelah kanan nama widget dan geser ke atas atau ke bawah.
  7. Tap Done untuk menyimpan setiap perubahan yang kita lakukan.

Jadi widget apa yang menjadi favorit kamu untuk dipasang di perangkat iOS-mu?