Dropbox hari ini mengumumkan kehadiran fitur baru yang bisa dinikmati oleh penggunanya. Fitur baru tersebut adalah fitur Offline Folder. Fitur yang memungkinkan pengguna untuk tetap bisa mengakses file dalam satu folder di Dropbox meskipun tanpa sambungan internet.

Dropbox mengungkapkan, bahwa fitur Offline Folder ini merupakan fitur yang paling banyak diminta oleh para pengguna, dan saat ini fitur tersebut sudah tersedia untuk pengguna Dropbox Pro, Bisnis dan Enterprise. Ya, untuk kamu pengguna Dropbox gratisan, kamu belum bisa menikmati fitur Offline Folder ini.

Fitur Offline Folder ini akan otomatis melakukan sinkronisasi isi file dalam sebuah folder untuk bisa diakses baik dari ponsel maupun tablet tanpa perlu menandai satu-satu file yang ingin diakses secara offline. Pengguna cukup mengakses aplikasi Dropbox dari perangkat yang dipakai, menandai folder yang ingin diakses offline, selanjutnya secara otomatis file dalam folder yang ditandain akan didownload dan bisa diakses secara offline. Pun ketika kita memasukkan file baru ke folder, secara otomatis saat aplikasi atau perangkat terhubung dengan internet, file tersebut otomatis diunggah atau otomatis melakukan penyesuaian.

Dengan adanya fitur Offline Dropbox ini, pihak Dropbox berharap tidak ada batasan lagi bagi pengguna untuk mengakses file mereka karena alasan tidak ada sambungan internet.

Jika kamu pengguna Dropbox Pro, Bisnis dan Enterprise, silahkan perbaharui aplikasi Dropbox untuk Android kamu agar bisa menikmati fitur ini. Bagi pengguna iOS, sementara kamu harus menunggu beberapa saat karena pembaruan fitur ini masih dalam pengerjaan dan baru akan hadir beberapa waktu mendatang.