Google Maps Update: Integrasi dengan Go-Jek & Grab

0
815

gmaps-logo

Pada Selasa (9/8/2016) lalu, Google mengadakan acara Google for Indonesia yang bertempatkan di Jakarta. Dalam acara ini, Google memperkenalkan beberapa fitur baru pada fitu search dan juga apps navigasinya, Google Maps. Acara ini dihadiri oleh para eksekutif Google. Vice President Product Management Google, Caesar Sangupta berkesempatan untuk membagikan fitur-fitur terbaru dari Google dan juga Google Maps, untuk region Indonesia.

Caesar menyampaikan bahwa di Indonesia, penggunaan device mobile lebih banyak dibandingkan dengan penggunaan desktop. Dengan pertimbangan tersebut, akhirnya dilahirkanlah Google Search dalam Lite Mode. Fitur Lite Mode ini menawarkan kecepatan lima kali lebih cepat pada koneksi 2G, 90 persen lebih hemat data dan 50 persen peningkatan lalu lintas ke website.

Integrasi Google Maps dengan Go-Jek dan Grab

Kabar yang cukup menggembirakan yaitu adanya tambahan integrasi Google Maps dengan ridesharing app yaitu Go-Jek dan Grab, setelah sebelumnya hanya dengan Uber saja. Dengan integrasi ini, pengguna dapat mengestimasi tarif dari masing-masing layanan secara cepat dari Google Maps, tanpa membuka apps satu persatu. Sehingga, langsung dapat diketahui layanan mana yang menawarkan tarif yang paling murah.

Cara menggunakannya cukup mudah. Pengguna cukup membuka apps Google Maps, lalu menentukan lokasi tujuannya, dan pilih icon mobil untuk memulai navigasi. Setelah itu, pilih icon taksi. Di tab tersebut akan tampak perkiraan harga dari masing-masing apps ridesharing yang telah terintegrasi. Untuk pemesanan, pengguna akan diredirect ke apps ridesharing yang dipilih, dan melakukan pemesanannya melalui apps tersebut.