html5-vs-flash

Google sudah memulai rencananya untuk menghilangkan secara total support Adobe Flash Player pada update Chrome 55, Desember mendatang. Hilangnya Flash milik Adobe akan digantikan dengan HTML5, yang sudah mulai banyak digunakan oleh berbagai perusahaan raksasa, termasuk Youtube yang telah lama mengganti video playernya menggunakan HTML5. Chrome akan memulai menghilangkan support ini secara perlahan mulai update terdekatnya, Chrome 53.

Anthony LaForge, kurator Flash pada Chrome menjelaskan bahwa alasan pergantian ini adalah karena HTML5 sangatlah ringan dan cepat, sehingga page loading akan menjadi lebih cepat dan dapat menghemat konsumsi battery. “Pengguna dapat merasakan peningkatan performa pada responsivitas dan juga efisiensi pada banyak situs”, jelas Anthony — dikutip dari cnet.com

Adobe Mengenai HTML5

Adobe pun dalam statementnya menyatakan bahwa pihaknya setuju dengan pendapat Google, dan banyak perusahaan lain, bahwa HTML5 adalah web-platform masa depan. “Kami bekerja bersama Mozilla, Microsoft dan Facebook serta perusahaan lainnya untuk memfasilitasi adopsi dari HTML5”