Playtation 4

Sony baru saja mengumumkan capaian terbaru untuk penjualan konsol Playstation 4. Dalam pengumumannya, perusahaan teknologi asal Jepang ini menyebutkan bahwa mereka berhasil menjual 40 juta buah konsol PS4 dan mentargetkan akan mampu memasarkan 20 juta konsol PS4 di April tahun depan.

Siapapun dengan pengetahuan dasar matematika sebenarnya bisa saja memprediksi pencapaian ini dari laporan pendapatan tahunan Sony bulan lalu, di mana perusahaan mengumumkan telah menjual 17,7 juta PlayStation 4 selama tahun lalu. Ditambah penjualan tahun 2014 yakni 14,8 juta konsol dan di tahun 2013 yang berhasil menjual 7,5 juta konsol. Hasilnya bisa ditebak, total penjualan konsol PS 4 adalah 40 juta buah.

40 juta konsol PS4 yang terjual termasuk konsol PS4 yang terjual hingga bulan Maret tahun ini, dan pastinya masih ada penjualan terjadi dalam kurun waktu Maret hingga Mei 2016. Untuk itulah kenapa Sony dalam pengumumannya menyebutkan bahwa mereka berhasil menjual lebih dari 40 juta konsol PS4.

Meskipun Microsoft berhenti melaporkan penjualan Xbox One, statistik penjualan dari pihak ketiga menunjukkan penjualan konsol dari Microsoft ini hanya mencapi angka di bawah 21 juta buah. Jika itu akurat – Microsoft belum mengkonfirmasi atau membantah angka – maka PlayStation 4 telah berhasil mengalahkan penjualan Xbox One dengan rasio penjualan sekitar 2 banding 1. 2 PS4 terjual, sementara baru 1 Xbox One terjual.

Sony dirumorkan akan meluncurkan versi terbaru Playstation 4, yang akan hadir dengan codename “Neo” di acara E3 Juni nanti dan diperkirakan akan mulai hadir di pasaran akhir tahun ini. Konsol baru akan ada di pasar berdampingan dengan PS4 sebagai alternatif yang lebih kuat mampu menampilkan game dengan gambar 4K. Neo pasti akan membantu Sony memenuhi target agresif menjual 20 juta konsol hingga tahun depan.