16399

Di awal bulan Januari yang lalu Microsoft secara resmi mengumumkan bahwa perusahaan akan menambahkan kemampuan group chat untuk versi aplikasi mobile Skype. Setelah sebulan tidak ada kabar, akhirnya kemarin (18/2) waktu setempat Microsoft meluncurkan pembaruan aplikasi Skype untuk perangkat iOS dan Android yang membawa serta fitur yang mendukung group video calling, fitur yang ada lebih dulu untuk versi Web Skype.

Fitur baru ini memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan video dengan 25 pengguna Skype sekaligus dalam satu waktu. Tidak itu saja, kualitas video untuk panggilan pun juga ditingkatkan. Pengguna Skype akan nyaman melakukan panggilan video karena dukungan kualitas video HD 1080p dan akses kamera smartphone depan belakang.

Hampir mirip dengan aplikasi Skype untuk perangkat desktop, ketika pengguna berbicara, secara otomatis gambar/video orang tersebut akan diposisikan di tengah, sementara pengguna yang menyimak akan berada di bagaian yang lebih kecil. Pengguna juga dapat memilih dan membuat gambar/video pengguna lain tetap ditampakkan meskipun ia sedang mendengarkan dengan menyentuh gambar/video pengguna yang bersangkutan.

Dengan diluncurkannya pembaruan ini, Microsoft akan membuat pengguna Skype lebih mudah untuk mengundang pengguna non-Skype (tanpa akun Skype) untuk bergabung ke sebuah conference, memungkinkan peserta group video chat untuk mengundang siapa pun untuk bergabung dalam conference dengan mengirimkan link melalui aplikasi messaging seperti iMessage, dan tanpa harus mendaftar dan memiliki akun Microsoft.

Pembaruan aplikasi Skype untuk Android dan iOS yang membawa fitur panggilan video dengan 25 pengguna Skype ini pertama akan hadir untuk pengguna Skype di Amerika dan Eropa secara bertahap dalam beberapa minggu ke depan. Sementara pembaruan untuk pengguna Skype di seluruh dunia direncanakan Microsoft akan akan hadir akhir Maret nanti.