Google-Play-for-Education

Pernah dengar layanan Google Play for Education? Belum? Google Play for Education adalah sebuah program yang memudahkan pendidik atau guru untuk membeli dan mengunduh aplikasi maupun buku elektronik dan dapat membagikannya langsung ke tablet Android milik siswa. Sayangnya aplikasi Google Play for Education yang dirilis Google pada tahun 2013 harus berakhir karena ditutup oleh Google. Penutupan Google Play for Education ini dikabarkan pertama kali oleh CRN.com. Dalam laporannya, CRN menyebutkan bahwa Google akan menghentikan penjualan lisensi di Play Education mulai 14 Maret nanti.

Kabar yang mengagetkan memang. Di awal banyak yang menganggap bahwa aplikasi Google Play for Educaion akan menjadi sebuah solusi digital untuk dunia Pendidikan di dunia. Dan tidak ada yang mengira bahwa Google akan menghentikan aplikasi ini karena mengira bahwa Google akan terus mendukung dan mengembangkan aplikasi ini selama masih ada guru dan siswa yang menggunakan tablet Android dalam kegiatan belajar mengajar.

Dalam sebuah pernyataan kepada TechCruch, juru bicara Google mengatakan bahwa penutupan Google Play for Education ini dimaksudkan untuk memberikan dukungan yang lebih jauh ke instantsi pendidikan dengan mengganti Google for Education dengan perangkat Chromebook yang mana sudah terbukti menjadi perangkat nomor wahid dalam mendukung aktifitas belajar mengajar di UK. Dikatakan juga bahwa chromebook mampu menciptakan ekosistem yang kuat dan berkembang dari aplikasi pendidikan.

Meskipun Google menutup Google Play for Education, guru dan administrator masih dapat menggunakan Google dan layanan manajemen perangkat pihak lainnya untuk mendorong aplikasi pendidikan dari Play Store untuk tablet. Tidak seperti Google Play program edukasi yang hanya didukung sejumlah kecil tablet, solusi manajemen ini juga mendukung hampir semua tablet Android yang ada di pasaran.