Facebook Mobile

Berdasarkan sebuah laporan terbaru, Facebook dikabarkan akan berencana untuk memperkenalkan iklan berbayar di Messenger dalam beberapa bulan ke depan. TechCrunch menulis bahwa Facebook telah mendistribusikan dokumen ke para pelaku bisnis yang menunjukkan bahwa mereka akan dapat mengirimkan pesan langsung ke pelanggan dimulai pada kuartal kedua tahun ini. Berdasarkan laporan tersebut, pelaku bisnis hanya akan dapat mengirim pesan ke pelanggan yang telah memulai percakapan. Langkah ini sejalan dengan langkah Facebook untuk membuat Messenger sebagai solusi utama untuk pelanggan berinteraksi dengan pebisnis untuk segala hal mulai dari belanja hingga layanan dukungan pelanggan atau customer support.

Pihak Facebook belum memberikan komentar mengenai laporan ini. perusahaan mengatakan kepada TechCrunch bahwa “tujuan Facebook dengan Messenger adalah untuk menciptakan messenger berkualitas, menarik pengalaman bagi 800 juta orang di seluruh dunia, dan itu termasuk memastikan orang tidak mengalami masalah dengan mendapatkan pesan yang tidak diinginkan dari siapa pun.” Tapi mereka juga mengindikasikan untuk meningkatkan jumlah bisnis yang menggunakan Messenger sebagai platform layanan pelanggan. Perusahaan ini juga meluncurkan URL pendek baru bagi bisnis, dan saat diklik oleh pelanggan, akan membuka pesan percakapan baru untuk bisnis.

Belum jelas akan seperti apa iklan yang ada di FB Messenger nantinya. TechCrunch berspekulasi bahwa pelaku bisnis dapat menggunakannya untuk mempromosikan penjualan, memperkenalkan produk baru, dan media untuk tindak lanjut kepada pelanggan yang dianggap membeli sesuatu tapi tidak ada tindak lanjut. Nampaknya Facebook akan membeberkan lebih banyak tentang iklan di FB Messenger saat gelaran F8 developer conference pada bulan April mendatang.