Xiaomi-hoverboard-made-with-Ninebot-and-Segway-photo-3b

Di acara Xiaomi yang digelar Senin (19/10/2015) sore ini waktu setempat di Beijing, Lei Jun, CEO pabrikan smartphone asal China, Xiaomi memamerkan skuter self-balancing yang telah diproduksi perusahaan sebagai hasil hubungannya dengan Ninebot, perusahaan startup China yang didanai Xiaomi. Dalam acara tersebut, orang nomor satu Xiaomi itu menyebut segway mereka dengan nama Ninebot Mini.

Ninebot Mini dibandrol RMB 1.999 atau sekitar 4 juta rupiah. Bentuk Ninebot Mini hampir sama dengan Segways pada umumnya, hanya saja ukurannya yang lebih kecil dan stang atau kemudi dibuat lebih pendek. Bentuk ini membuat Ninebot Mini menyerupai sebuah Hoverboard. Hoverboard? Ya, hoverboard yang jangan dibayangkan seperti papan skate yang bisa melayang layaknya di Film Back To The Future. Istilah hoverboard untuk Ninebot Mini hanyalah ungkapan beberapa media untuk kata ganti yang menarik dari skuter Xiaomi ini.

Bentuk Ninebot Mini yang ada di gambar yang disebar Xiaomi ke media tersebut tampak bahwa Segway atau skuter Xiaomi ini cukup nyaman untuk dibawa-bawa secara mobile. Terbukti dari bentuk yang lebih kecil dan ringkas dibandingkan dengan segway pada umumnya, serta stang atau kemudi yang didesain khusus memungkinkan pengguna menenteng Ninebot Mini.

Xiaomi-hoverboard-made-with-Ninebot-and-Segway-photo-3a

Jika diperhatikan lebih jauh, tampaknya untuk menggunakan Ninebot Mini ini keseimbangan badan menjadi kuncinya, mengingat kontrol kemudi cukup rendah yang mengharuskan penggunanya memiringkan badan ke kanan ke kiri untuk berbelok. Hal ini dikarenakan stang kemudi cukup pendek, tidak sampai selutut orang dewasa dan didesain pas untuk dijepit dengan betis pengguna. *perhatikan gambar

Xiaomi-hoverboard-made-with-Ninebot-and-Segway-photo-2b

Segway besutan Xiaomi ini memiliki berat 12.8kg dan mampu berjalan dengan kecepatan 16 Km/jam. Untuk urusan daya, perusahaan mengklaim bahwa baterai hanya perlu diisi sekali untuk jarak tempuh 22 Km. Xiaomi juga merilis sebuah aplikasi pelengkap untuk Ninebot Mini yang mana memungkinkan pengguna untuk mengontrol Ninebot dari jarak jauh serta melihat speedometer dan mengontrol penggunaan baterai. Ninbot Mini saat ini sudah ada di website Xiaomi, dengan informasi akan mulai dijuala 3 November nanti – tetapi hanya di daratan Cina.