XL-4G-Ready

Hari ini (19/12/2014), PT. XL Axiata atau yang lazim dikenal luas dengan nama XL mulai luncurkan layanan komersial jaringan 4G LTE miliknya. Peluncuran 4G XL ini hanya selang beberapa hari dari peluncuran jaringan 4G komersial operator pesaing, Telkomsel.

Yang menarik, jaringan 4G XL hadir dengan cakupan wilayah yang lebih luas dibandingkan dengan jaringan 4G milik Telkomsep maupun jaringan 4G milik Bolt yang sudah hadir dan dipasarkan sejak bulan November tahun lalu. Jaringan 4G LTE XL hadir di tiga kota besar di Jawa dan Sumatera, yakni Bogor, Yogyakarta, dan Medan. Sementara untuk Jakarta, statusnya masih sebatas trial alias uji coba.

Seperti program 4G lainnya, untuk pengguna yang ingin menikmati jaringan 4G yang diklaim akan mampu menghadirkan Internet dengan kecepatan super kencang ke genggaman kita, pengguna harus menggantu kartu perdana atau sim card XL yang sudah digunakan ke sim card yang baru, yang telah mendukung jaringan 4G.

Secara teori, kecepatan Internet 4G XL diperkirakan mencapai 100 Mbps, jauh lebing kencang dari kecepatan jaringan LTE Bolt yang hanya mencapai 72 Mbps, dan juga lebih unggul dari 4G Telkomsel yang hanya mendapatkan kecepatan maksimum 36 Mbps.

Menkominfo Rudiantara yang juga hadir di acara peluncuran yang digelar di La Piaza, Kelapa Gading Jakarta, berharap agar operator dapat mengembangkan ekosistem 4G, misalnya dengan memastikan ketersediaan handset 4G. sehingga pelanggan dapat mudah merasakannya. Menaggapi hal itu, Dian Siswarini, Group Chief Marketing Officer Axiata mengatakan, XL juga telah menyiapkan paket trade-in bagi pelanggan. Yakni dengan menukarkan ponsel lamanya dengan bundling ponsel XL yang telah mendukung 4G. Yang lebih menarik, XL juga mengiming-imingi calon pengguna 4G dengan diskon menarik.