Tweet-Berbasis-Lokasi

Berdasarkan kabar terbaru dari Business Insider, menyebutkan bahwa Twitter tengah menjalin kerjasama dengan Foursquare untuk menghadirkan Tweet berbasis lokasi. Fitur lokasi merupakan kunci dari roadmap produk Twitter, karena perusahaan percaya bahwa informasi kontekstual tersebut akan membuat layanan lebih berguna bagi pengguna.

Tapi ada banyak perubahan produk yang akan membuat Twitter lebih berguna bagi pengguna, terutama alat-alat onboarding baru. Jadi mengapa Twitter berfokus pada Tweet berbasis lokasi, dan kenapa bisa dibilang hal tersebut saat ini menjadi layanan inti?

Apa yang dilakukan Twitter ini bisa jadi ada kaitannya dengan pesaing barunya, Yik Yak. Yik Yak menyebar secara viral melalui perguruan tinggi dengan produk yang mirip dengan Twitter, kecuali bagaian feed yang menampilkan posting dari orang-orang di dekat lokasi Anda. Aplikasi ini telah mencapai peningkatan yang menakjubkan, dan mendapatkan sntikan dana sebesar $ 62 juta dari Sequoia (sponsor utama WhatsApp). Meskipun Yik Yak sering dikelompokkan dengan aplikasi Secret dan Whispers, Yik Yak tampak sebagai pesaing besar Twitter. Dengan Twitter sekarang begitu serius pada fitur geolocation, tampaknya perkiraan tersebut benar.

Business Insider tidak memaparkan secara detail bagaimana nantinya Tweet berbasis lokasi hasil kerjasama Twitter dengan Foursquare, seperti akan bagaimana nantinya fitur Twitter Foursquare-enabled, tetapi sumber mengatakan kepada publik bahwa kita bisa melihatnya di awal kuartal pertama 2015.

Mari kita tunggu saja.