Firefox-Developer-Edition

Hari Senin (10/11/2014) kemarin, menandai satu dekade sudah Firefox menemani aktifitas netter di seluruh Dunia, dan untuk merayakan ultah ke-10 Mozilla merilis aplikasi peramban khusus untu Web Developer yang mereka beri nama Firefox Develepor Edition.

Peramban Firefox Developer Edition, peramban ini dilengkapi hadir langsung dengan beberapa tools khusus untuk membantu kerja seorang web developer. Ini berarti bahwa fitur baru telah dirilis setidaknya 12 minggu sebelum mereka merilis versi utama dari Firefox.

Dalam perambahan yang dibuat khusus untuk web developer terdapat Developer Tools dan eksperimen baru serta memiliki built-in pilihan untuk membuatnya mudah untuk menguji aplikasi web dan melakukan remote debugging dari perangkat mobile.

Pengembang merupakan komunitas adopter pertama dalam lingkaran peramban Firefox. Komunitas inilah yang membuat sekaligus memberikan dukungan extensions, add-ons, dan berbagai macam standar web modern ke lingkungan Firefox. Meskipun beberapa tahun terakhir kita tahu bahwa dalam beberapa tahun terakhir, komunitas pengembang sebagian besar bergeser ke Google Chrome dan / atau WebKit (yang jadi kekuatan Apple Safari dan web browser mobile), tetapi Firefox benar-benar membantu menetapkan standar bagaimana untuk terlibat dengan komunitas pengembangan web. Inilah yang tidak dimiliki Google Chrome atau browser lainnya.

Sekilas Flashback 10 tahun Firefox.

Rilis awal dari web browser yang kini menjadi Firefox sebenarnya diluncurkan pada bulan September tahun 2002. Dua tahun lebih awal sebelum Firefox 1.0 menjadi aplikasi yang bisa dinikmati publik. Dalam waktu satu bulan setelah diluncurkan, tercatat terjadi lebih dari 10 juta download dan kemunculannya saat itu dirayakan dengan iklan satu halaman penuh di New York Times.

Jika kita coba kembali ke masa di mana ketika tim Mozilla memulai debut Firefox, kita sekarang pasti akan tersenyum geli. Berpikir tentang betapa berbedanya lanskap web browser satu dekade lalu. Peramban Safari dari Apple saat itu dalam masa pertumbuhan dan Internet Explorer adalah browser yang dominan di pasar.

Dan yang tidak banyak orang menyangka, hadirlah Firefox yang muncul dari “abu” proyek Original Netscape, yang kemudian membuat Firefox bersinar sampai sekarang. Menjadi browser populer di kalangan Netter.

Yang membuat Firefox berbeda dengan peramban lain sejak kemunculannya adalah Firefox dilengkapi dengan extension, lebih cepat, dan bercita rasa modern. Di rentang tahun 2002 – 2003 banyak netter tidak punya alasan lain untuk meninggalkan peramban Firefox 1.0 dan berpaling ke peramban lain untuk OS Windows dan Linuz. Sebagai respon terhadap keberadaan Internet Explorer 6, Firefox 1.0 benar-benar revolusioner. Banyak yang mengungkapkan bahwa dengan Firefox 1.0 web seperti mampu bergerak maju dengan teknologi dan teknik yang baru.

Sepuluh tahun kemudian, Internet Explorer bukanlah pesaing terbesar Firefox, pesaing terbesar saat ini adalah Google Chrome dan banyaknya website yang telah bergeser ke perangkat mobile.

Selamat ulang tahun Firefox. Sukses dan terus berjuang menjadi peramban dengan inovasi terdepan. 🙂