AirPrint iOS

Karena semakin banyaknya pengguna yang beralih ke perangkat ponsel dan tablet untuk memmabtu tugas-tugas komputasi (email, web browsing, bahkan pengolah kata) sehari-hari, ada satu aspek yang tampaknya sering sulit dipahami, yakni printing atau mencetak dokumen langsung dari perangkat.

Memang untuk mencetak dokumen dari ponsel, tidak dapat langsung menyambungkan ponsel dengan printer USB, dan bahkan jika Anda memiliki model Wi-Fi yang terhubung ke jaringan rumah Anda, mungkin tidak muncul ketika Anda mencari printer dari perangkat iOS. Untungnya, cukup sederhana untuk mencetak apa saja dari iPhone atau iPad, dan hampir ke setiap printer.

Sebelum memulai mencetak, yang harus kamu lakukan adalah mengatur printer yang ada agar dapat mencetak dokumen dari perangkat iDevice secara langsung, alias tanpa memerlukan kabel USB (Wirelessly). Nah, di bagaian pertama Cara Print Dokumen langsung dari perangkat iOS 8 ini kami akan memberikan tutorial bagaimana setup printer kamu agar dapat mencetak dokumen langsung dari perangkat iDevice.

Setup Printer

Cek apakah Printer kamu mendukung AirPrint?

AirPrint merupakan fitur yang memungkinkan sebuah printer dapat terhubung langsung dengan perangkat iDevice. Ini merupakan cara paling sederhana untuk mencetak dokumen langsung dari perangkat yang kamu gunakan, sayangnya tidak semua printer mendukung fitur Air Print ini. Cek di Apple support page ini dan lihat apakah printer kamu terdaftar sebagai salah satu perangkat yang kompatibel.

Jika printer kompatibel, lalu:

Kamu berungtung, setup AirPrint dari printer kamu sangat mudah. Sambungkan perangkat iOS dan printer ke jaringan yang sama, proses setup akan berjalan dan selesai.

Untuk menguji sambungan, buka catatan dari aplikasi Note bawaan iOS 8. Tekan tombol action (kotak dengan panah) dan pilih “Print.” Printer Anda akan muncul sebagai perangkat yang dipilih. Jika tidak muncul, tap Printer, memungkinkan perangkat untuk memindai, dan pilih nama printer saat nama printer muncul.

Pilih print dan seketika catatan kamu dikirimkan ke printer. Kecepatan transfer akan bervariasi tergantung pada jaringan Wi-Fi yang kamu gunakan, tetapi kamu mungkin akan menemukan bahwa proses tersebut sangat cepat.

Jika printer tidak kompatibel, lalu:

Apabila printer yang kamu gunakan tidak kompatibel denga AirPrint, jangan khawatir. Kamu bisa mendownload program yang mengelabui perangkat iOS 8 kamu bahwa setiap printer yang terhubung ke komputer desktop Kamu adalah printer yang mendukung fitur AirPrint. Jadi, bukan iDevice berkomunikasi langsung dengan printer, tetapi melalui komputer yang terhubung langsung dengan printer melalui kabel USB.

Untuk kamu pengguna Windows, kamu bisa menginstal Aplikasi O’Print. Donwload aplikasi O’Print di sini. Kamu akan mendapatkan Free Trial selama 30 hari, jika puas dengan kinerja O’print, kamu bisa membeli lisensinya seharga USD 19,8 atau sekitar 210 ribu rupiah. Sedangkan untuk kamu pengguna Mac, kamu bisa menggunakan aplikasi HandyPrint. Kamu bisa download aplikasi HandyPrint di sini.

Setelah terinstal, program tersebut akan menampilkan daftar printer yang diinstal pada komputer kamu. Aktifkan printer yang ingin digunakan untuk mencetak dari iDevice kamu. Bagi sebagian besar pengguna, munkin hanya menggunakan satu printer, tetapi jika kamu memiliki beberapa printer di rumah, kamu dapat mengaktifkannya semua.

Untuk menguji sambungan ke printer, lakukan cara yang sama seperti yang ada di bagaian jika printer kompatibel AirPrint. Untuk diingat, konfigurasi ini bekerja apabila komputer tetap diaktifkan / nyala dan tersambung ke jaringan atau Wi-Fi yang sama dengan perangkat iOS 8 kamu.

Bagaian 1 Cara Print Dokumen Dari Perangkat iOS 8 sampai di sini dulu. Di bagaian 2 nanti, kami akan memberitahukan bagaimana cara untuk mencetak dukomen dari berbagai apliasi yang terinstall di perangkat iOS 8. Jadi, jangan sampai keinggalan updatenya. Silahkan berlangganan update dari IDGEEKS.Net via email langsung di bagaian bawah site ini.