Media Sosial Ello

Tampaknya, apa yang menjadi harapan banyak pengguna jejaring sosial dunia akan keberadaan jejaring sosial yang bebas iklan terjawab sudah. Ello, platform jejaring sosial yang diluncurkan enam bulan lalu ini adalah platform jejaring sosial bebas iklan. Sesaat setelah kemunculannya, beberapa orang percaya bahwa Ello bisa menjadi ancaman untuk Facebook.

Saat ini Ello masih dalam tahap Beta, artinya masih banyak hal yang harus disesuaikan oleh tim di belakang layar jejarin sosial bebas iklan ini. Sementara, Anda harus mendapatkan invitation / undangan ketika ingin mendaftar di Ello.

Menurut sumber yang bisa dipercaya, ada lebih dari 35.000 undangan dikirimkan setiap jam, pengguna dapat mengatur profil mereka hanya dalam beberapa menit. Situs jejaring sosial baru ini hadir dengan antarmuka yang user-friendly. Sumber tersebut juga mengungkapkan bahwa para programer Ello di Silicon Valley tengah memikat anak-anak muda dan pengguna jejaring sosial lain untuk beralih ke situs mereka.

Data-data terbaru menunjukkan bahwa ada lebih dari 31.000 orang yang beralih ke Ello setiap jam karena platform jejaring sosial baru ini mencerminkan apa yang dimiliki Facebook ketika pertama kali jejaring sosial milik Mark Zuckerberg itu memulai debutnya.

Facebook dirancang sebagai platform untu tempat nongkring dan ngobrol bagi kaum muda, tetapi kemudian mulai lebih banyak aktivitas yang disesuaikan untuk orangtua dan banyak mengesampingkan anak muda yang nota bene merupakan pengguna mayoritas di Facebook.

David Gerzof Richard, Profesor dan pakar dunia pemasaran digital dari Emerson College mengatakan ia telah mendengar beberapa review yang besar dari orang-orang yang telah mencoba Ello. Dia mengatakan orang berpikir Ello memiliki nuansa artistik dan merasa menarik untuk sebuah jejaring sosial yang tidak ditemukan di situs sejenis.

Sebaliknya, Facebook tampak seperti buku mewarnai di mana orang harus memberika “warna antar garis”, ungkap Richard.

Para pengembang Ello dalam halaman about menyebutkan bahwa jejaring sosial ini dibuat khusus tanpa iklan. Menarik memang. Namun apa yang dilakukan Ello tersebut memunculkan sebuah pertanyaan, bagaimana situs tersebut dapat menghasilkan uang? Apa yang akan dilakukan oleh orang-orang di Ello? Seperti kita ketahui, platform jejaring sosial mendapatkan pemasukan dari iklan yang ada dan memapar penggunanya.

JIka idealisme para pengembang Ello itu benar, dan tidak melenceng di kemudian hari, Ello akan berpotensi menjadi ancaman bagi Facebook dan bahkan Twitter. Belakangan pengguna jejaring sosial mulai resah dengan isu privacy pada jejaring sosial yang berbuntuk periklanan. Banyak pengguna berteriak ingin sebuah layanan yang bebas iklan dan menjaga privacy mereka. Dan pengembang Ello menjawabnya.