Apple mengumumkan rilis pembaruan mayor kedelapan iOS di acara Worldwide Developers Conference (WWDC) pada bulan Juni yang lalu. Versi terbaru dari iOS hadir dengan perbaikan voice asisstant Siri, sebuah aplikasi kesehatan baru, dan perubahan pada fitur notifikasi. Sistem operasi iOS terbaru Apple ini dijadwalkan hadir pada musim gugur tahun ini atau sekitar awal bulan september.

Nah, dengan kehadiran iOS 8 yang dijadwalkan tiba pada perangkat dalam beberapa minggu mendatang, sekarang adalah waktu yang tepat untuk memastikan bahwa iPhone atau iPad yang Anda gunakan siap untuk menerima pembaruan. Tips ini akan membantu membuat transisi ke iOS 8 dari iOS 7 sehalus mungkin.

Periksa Kompatibilitas

Jika Anda masih menggunakan iPad original (iPad Gen 1) dan atau iPhone, mungkin sudah saatnya untuk memperbarui ke perangkat baru. Tidak semua perangkat Apple dapat pembaruan iOS 8. Perusahaan mengatakan bahwa hanya perangkat berikut ini saja yang akan menerima update: iPhone 4S, iPhone 5, iPhone 5S, iPhone 5C, iPad 2, generasi ketiga dan keempat iPad , iPad Air, generasi kelima iPod Touch, iPad Mini, dan iPad Mini dengan layar Retina.

ios-8-compatible

Sediakan Cukup Ruang Penyimpanan

Paket update over-the-air iOS 7 membutuhkan sekitar 700MB media penyimpanan – tergantung pada perangkat Anda, namun pengguna diminta untuk memiliki minimal 3GB ruang kosong pada perangkat mereka dalam rangka untuk benar-benar bisa menginstal pembaruan. Anda dapat mengharapkan iOS 8 memiliki persyaratan media penyimpanan yang sama. Nah sekarang waktu yang tepat untuk Anda membebaskan beberapa Giga ruang penyimpanan pada perangkat Anda.

Saya sarankan menghapus aplikasi yang tidak terpakai (yang dapat dilakukan dengan tekan lama pada ikon, lalu klik X yang muncul ketika aplikasi mulai bergetar), dan pindahkan foto ke iCloud atau layanan cloud lain seperti Dropbox atau Google Drive. Anda juga dapat memindahkan foto dan video ke komputer Anda untuk membebaskan ruang penyimpanan daripada harus menghapus kenangan lama.

Hubungkan iPhone atau iPad ke komputer menggunakan kabel USB, kemudian, pada Mac atau MacBook, gunakan iPhoto untuk mengimpor semua atau pilih beberapa foto ke komputer Anda. Dari komputer Windows, masuk ke My Computer, pilih perangkat Anda, klik pada folder DCIM, dan cukup drag and drop foto atau video yang ingin Anda transfer ke komputer Anda.

Periksa Pembaruan Terbaru

Sekarang juga menjadi saat yang tepat untuk menginstal pembaruan perangkat lunak lama Anda. Anda harus berada di versi terbaru iOS untuk bisa update ke iOS 8. Untuk memeriksa pembaruan, masuk Settings, klik General, lalu pilih Software Update.

Anda juga harus menginstal pembaruan aplikasi yang tersedia sebelum memperbarui ke iOS 8 untuk memastikan bahwa aplikasi Anda akan bekerja dengan baik setelah melakukan pembaruan ke iOS 8.

Backup Perangkat

Meskipun mungkin Anda tidak akan mengalami masalah besar ketika memperbarui sistem operasi, bukan ide yang buruk untuk memiliki backup dari perangkat Anda. Mungkin Anda tahu apa yang banyak pengguna katakan, lebih baik untuk memilikinya dan tidak membutuhkannya, daripada membutuhkannya dan tidak memilikinya.

Ada dua metode untuk membuat backup perangkat Anda. Yang pertama adalah dengan iTunes, yang akan menyimpan file backup pada komputer Anda. Untuk metode ini, Anda harus menginstall versi terbaru dari iTunes. Mulailah dengan menghubungkan iPhone atau iPad ke komputer dengan kabel USB. Kemudian, pilih perangkat Anda dan klik pada tab Summary. Pastikan Anda memilih “This Computer”, dan kemudian klik pada “Back Up Now” tombol di sisi kanan. Jika Anda lebih suka back up data Anda ke layanan cloud Apple, pilih opsi iCloud terletak di atas opsi komputer.

Data juga dapat dibackup secara langsung dari perangkat ke iCloud. Pastikan Anda terhubung ke jaringan Wi-Fi, kemudian masuk Settings, pilih iCloud, dan klik pada Storage & Backup. Dari sini Anda dapat memilih file dan pengaturan yang Anda ingin simpan di iCloud. Setelah Anda membuat pilihan, geser ke bawah halaman dan klik pada pilihan “Back Up Now”. Ada yang perlu Anda perhatikan jika memilih metode backup ini. Jika Anda pengguna iCloud standar (tidak berbayar) maka Anda hanya mendapatkan kapasitas penyimpanan 5 GB saja. Jadi, jika kapasitas data yang hendak Anda backup di iCloud lebih dari 5 GB, kami sarankan Anda untuk membackup dengan metode pertama.

Bijak dan Cermat Sebelum Update

Sebagaimana telah kita lihat di masa lalu, kadang-kadang mayor update dapat menyebabkan masalah untuk perangkat yang lebih tua. Pemilik iPhone 4 mengeluhkan masalah daya tahan baterai dan kinerja yang buruk setelah update ke iOS 7. Memang baik langsung melakukan pembaruuan saat pembaruan sudah tersedia, tetapi sebenarnya mungkin lebih baik bagi Anda pengguna iPhone 4S atau iPad 2 untuk menunda update untuk satu atau dua minggu, ini akan membantu Anda menghindari beberapa masalah yang bisa timbul ketika memperbarui perangkat Anda.