Facebook-Buy-Button

Facebook sedang menguji sebuah tombol “Beli” (buy button eng.) dalam upaya terbaru untuk membantu pelaku bisnis untuk meningkatkan penjualan mereka melalui jaringan sosial online terbesar di dunia.

Dalam sebuah pernyataan yang dirilis Kamis (17/7/2014) kemarin Facebook mengatakan bahwa tombol beli ini akan membiarkan orang membeli produk langsung dari bisnis tertentu tanpa meninggalkan Facebook. Tombol “Beli” muncul di bagian bawah iklan berbayar dan diujikan terbatas ke beberapa kelompok pelaku bisnis kecil dan menengah di Amerika Serikat.

Langkah itu diambil sebagai usaha Facebook untuk terus mengembangkan bisnis iklannya. Perusahaan akan mencapai 7,8 persen dari belanja iklan digital global tahun ini, naik dari 5,8 persen pada 2013, menurut eMarketer. Google, No 1 dunia sebagai penerima dolar dari bisnis iklan, diperkirakan akan memperoleh 31,5 persen dari belanja iklan digital global pada tahun 2014.

Analis eMarketer Debra Aho mengatakan bahwa belum lama ini, kebanyakan pelaku bisnis berpikir bahwa Facebook lebih cocok untuk membangun pengetahuan dari pada penjualan sebuah produk, tetapi perusahaan yang yang bermarkas di California sedang berusaha keras untuk mengubah citra tersebut.

Facebook mengatakan tidak akan membagi informasi kartu kredit dan kartu debit pengguna dengan pengiklan lain. Perusahaan itu mengatakan akan memberikan rincian lebih lanjut setelah mengumpulkan umpan balik dari tes yang dilakukan.

Pada bulan Januari, dalam sebuah posting blog Facebook mengatakan bahwa mereka tengah bekerja untuk menawarkan lebih banyak cara bagi pengiklan untuk berkomunikasi secara langsung dengan pengguna Facebook.

Iklan mobile adalah salah satu sumber pendapatan Facebook dengan pertumbuhan tercepat. Hampir 80 persen dari penggunanya mengakses situs pada smartphone dan gadget portabel lainnya. Pada kuartal Januari-Maret, penghasilan dari jenis iklan ini melonjak hampir tiga kali lipat dan mendungkung peningkatan pendapatan iklan Facebook secara global yang alami kenaikan sebesar 82 persen.