iOS 8 Split Screen

Dalam sebuah status di Twitter yang diposting hari senin (9/6/2014) kemarin, salah satu developer iOS bernama Steven Troughton-Smith menemukan kode di iOS 8 yang memungkinkan sebuah kemampuan baru untuk menjalankan dua aplikasi side-by-side, atau kemampuan split screen atau tampilan layar terpisah yang kemungkinan akan meluncur ke OS saat diluncurkan musim gugur ini.

Belum jelas bagaimana tampilan split-screen akan terlihat, terutama pada perangkat yang lebih kecil seperti iPhone, tapi Troughton-Smith mengatakan Apple menyediakan pilihan untuk menjalankan dua aplikasi ke dalam beberapa pilihan mode ukuran, 1/4 ukuran, 1/2 ukuran, atau 3/4 ukuran. Sementara spekulasi lain menyebutkan, iOS 8 feasibly bisa menangani tampilan dua aplikasi sekaligus dengan menampilkan sebuah aplikasi yang aktif di jendela yang lebih besar, dan mengecilkan aplikasi lain yang standby.

Sebuah rumor yang muncul bulan Mei menyebutkan bahwa Apple sedang mempersiapkan pilihan layar terpisah untuk iOS 8 hanya pada perangkat iPad, yang memungkinkan dua aplikasi berjalan secara simultan side-by-side. Fitur ini seharusnya ditargetkan adapada iPad dengan layar 9,7 inci atau lebih, seperti iPad Air terbaru, dan belum diketahui apakah perangkat yang lebih kecil juga akan dapat kemampuan tersebut.

Dengan kemampuan split-screen, Apple akan siap bersaing dengan tablet Surface milik Microsoft yang membanggakan kemampuan untuk menampilkan beberapa aplikasi sekaligus. Kemampuan ini bekerja dengan baik untuk perangkat dengan layar terbatas.

Dan di update terbaru status Twitternya, Troughton-Smith mengatakan ia menemukan ukuran panel kemampuan split-screen ini, yakni ukuran 341pt, 512pt dan 682pt. Ukuran Fullscreen di 1024pt.

Benarkah iOS 8 saat resmi diluncurkan nanti akan hadir dengan kemampuan Split-screen? Kita tunggu saja.

[via CNET]