Dalam pembukaan acara Apple Worldwide Developers Conference (WWDC) 2014 yang digelar di San Fransisco AS, Apple perkenalkan sistem operasi mobile terbaru miliknya, iOS 8. Seperti biasa, di versi terbaru iOS ini Apple menambahkan cukup banyak fitur baru yang menarik, seperti pembaharuan fitur notifikasi, upgrade fungsi auto-correct yang mereka beri nama QuickType, dukungan untuk keyboard dari pihak ketiga, perbaikan Mail, dan komponen pelacakan kesehatan baru yang mereka sebut Health.

Dan pada postingan kali ini kami akan sedikit menjabarkan fitur-fitur baru yang hadir dalam update iOS 8. Berikut fitur-fitur unggulan iOS 8 tersebut:

Notification Center

Notification Center pada iOS 8 hadir lebih interaktif yang memungkinkan pengguna menarik ke bawah pemberitahuan dan berinteraksi dengan mereka untuk menanggapi pesan teks atau pemberitahuan lain tanpa meninggalkan aplikasi yang terbuka saat ini, atau melakukan tindakan lain untuk pemberitahuan yang ditampilkan pada layar saat layar terkonci (lock screen). Dalam demo, Craig Federighi mampu membalas iMessage dan mengirim update ke Facebook langsung dari Notification Center, yang muncul di atas aplikasi yang sedang ia gunakan.

Spotlight

spotlight

Mencari sesuatu seperti kontak telepon, musik, video, koleksi buku, dan lain sebagainya akan menjadi mudah di iOS 8 karena Apple telah membenamkan sebuah fitur yang mereka sebut dengan Spotlight. Layaknya menggunakan fitur pencarian biasa, tetapi yang membuat beda adalah fitur ini telah terhubung dengan Wikipedia, serta beberapa layanan pihak ketiga lainnya yang membuat hasil pencarian yang lebih menarik. Dalam demo, ditunjukkan bahwa kita dapat mencari sebuah judul film, bahkan jika film tersebut masih tayang di bioskop, kita dapat dengan mudah mengetahui jadwal tayang film tersebut melalui fitur Spotlight ini.

Peningkatan Fungsi Keyboard

quicktype

Sebuah fitur baru di keyboard iOS bernama QuickType, menambahkan saran dan prediksi saat Anda mengetikkan sesuatu yang mampu menyesuaikan pada kondisi yang ada. QuickType mempelajari kebiasaan dan bahasa setiap pengguna namun masih tetap menjaga privasi. Seiring dengan kehadiran QuickType untuk peningkatkan keyboard iOS yang ada, untuk pertama kalinya Apple memungkinkan pengguna untuk menginstal keyboard dari pihak ketiga, yang berarti keyboard Swype dapat digunakan secara native pada sistem operasi.

Perbaikan Fungsi Pesan

Fungsi pesan mendapatkan perbaikan dan update yang memungkinkan Anda untuk memberikan nama pada sebuah grup percakapan, menambah dan menghapus orang-orang dari grup chat, memungkinkan pengguna untuk meninggalkan grup, sebuah fitur yang banyak diharapkan oleh pengguna. Selain dapat meninggalkan grup, pengguna juga memiliki pilihan untuk mengaktifkan modus “Do Not Disturb,” yang akan mematikan pemberitahuan pesan dari sebuah grup chat yang berisik.

Dengan iOS 8, Pesan memungkinkan pengguna untuk berbagi lokasi mereka langsung dari dalam aplikasi. Selain itu, kita juga memungkinkan Anda mengirimkan pesan audio dan video langsung dalam aplikasi Pesan. Pesan-pesan ini dapat dilihat inline atau langsung melalui layar saat terkunci (lockscreen). Craig Federighi memamerkan trik sederhana dengan pesan audio – ia memegang telepon ke telinganya untuk membalas, pesan suara otomatis terkirim ketika ia menurunkan telepon.

HealthKit

HeathKit adalah API baru untuk para pengembang yang akan mengumpulkan dan mengkonsolidasikan informasi kesehatan pengguna dari berbagai sumber dan aplikasi, seperti dari Nike dan Fitbit. Sedankan aplikasi “Health” yang hadir bersama iOS 8 akan menyuguhkan metrik kebugaran, terhubung ke aplikasi pihak ketiga untuk mengumpulkan data.

iOS 8 Health

Apple telah menguji HealthKit dengan Mayo Clinic, membiarkan pasien dan dokter bekerja sama menggunakan HealthKit untuk mendapatkan informasi kesehatan, memberitahu dokter secara otomatis ketika ada sesuatu yang salah. HealthKit bertujuan untuk menjembatani kesenjangan antara pasien, dokter, dan perangkat pelacakan kesehatan. Menurut Mayo Clinic, HealthKit memiliki potensi untuk “revolusi” bagaimana industri kesehatan bekerja.

Siri

Siri mendapat beberapa update, dengan kemampuan untuk dipanggil langsung dengan kalimat “Hey, Siri” bersama dengan Shazam song recognition, 22 bahasa baru, streaming pengenalan suara untuk menunjukkan pengguna hasil pencarian ketika mereka berbicara, dan banyak lagi.

Extensibility

Ada ribuan API baru untuk pengembang, dan salah satu yang paling menarik dari mereka adalah Extensibility. Fitur ini memungkinkan aplikasi dalam iOS 8 untuk berbagi informasi dengan satu sama lain dan dengan Notification Center. Dalam demo di atas panggung, Extensibility diperbolehkan memilah aplikasi pihak ketiga untuk digunakan langsung pada gambar dalam aplikasi Foto dan juga membawa Bing Translate ke Safari.

Extensibility juga memungkinkan aplikasi untuk menginstal widget dalam Notification Center, yang bekerja sama dengan widget Apple yang ada untuk fungsi Kalender, Stocks, dan banyak lagi. Dalam demo, ditunjukan dengan memasang widget ESPN SportsCenter, yang memungkinkan skor pertandingan olahraga ditampilkan secara otomatis dalam Notification Center.

Touch ID

Pengembang juga akan dapat mengakses Touch ID untuk pertama kalinya untuk melindungi atau akses aplikasi sensitif. Data sidik jari akan disimpan terpisah, tetapi otentikasi secara otomatis akan membuka password yang disimpan dalam keychain untuk memberikan akses ke pengguna aplikasi.

Family Sharing

Family Sharing

Sebuah fitur dengan nama Family Sharing akan memungkinkan anggota keluarga berbagi foto, kalender, pengingat, dan lain-lain untuk enam anggota keluarga sekaligus. Family Sharing juga memungkinkan anggota keluarga (hingga 6 orang) dengan akun Apple ID yang berbeda menggunakan satu akun kartu kredit yang sama untuk berbagi aplikasi dan buku. Dengan mengaktifkan Family Sharing, ketika anak mencoba untuk membeli sebuah aplikasi, orangtua akan mendapatkan popup pada perangkat mereka sendiri meminta mereka untuk menyetujui pembelian.

iCloud Drive

iCloud Drive

iCloud Drive adalah layanan cloud storage milik Apple yang memungkinkan kita menyimpan berbagai file seperti foto, pdf, dan lain sebagainya untuk kemudian dapat dengan mudah diakses dari iDevice lain, bahkan dari Macbook, Mac Pro, dan perangkat komputer dengan sistem operasi Windows

Integrasi iPhone, iPad, dan Mac

Ini adalah sebuah kemampuan yang sangat menarik menurut kami, karena dengan adanya kemampuan ini, semua perangkat Apple dapat terhubung. Kemampuan ini memungkinkan kita menerima semua notifikasi baik yang ada di iPhone, iPad, dan Mac langsung di salah satu perangkat tersebut. Bahkan kita dapat melakukan panggilan telepon dan mengirim sebuah sms dari Macbook yang tengah kita gunakan, yang telah terhubung dengan perangkat iPhone kita pastinya.

iOS 8 akan hadir untuk semua iDevice terbaru yang ada, kecuali iPhone 4. iOS 8 baru akan hadir dan dapat didownload secara luas pada musim gugur tahun ini atau kira-kira pada bulan Oktober atau Nopember tahun ini.