Facebook-Zuckerberg

Mark Zuckerberg mengatakan, Facebook sudah banyak berkembang beberapa tahun terakhir ini dan menjadi platform social media yang besar dan stabil. Namun Zuckerberg menyadari bahwa infrastruktur menjadi hal kritis untuk para pengembang, dan perusahaan sekarang sedang berusaha masuk ke kelas enterprise.

Sesuai Service Level Agreement, mendukung aplikasi pemprograman tampilan yang lama dan bekerja keras membangun mobile platform. Zuckerberg mengatakan bahwa mantra sakti hacker Facebook adalah “move fast and break things”. Namun itu tidak berlaku bagi Facebook karena menghabiskan waktu yang lama untuk konsentrasi memperbaiki celah dan prioritas kecil dalam pengembangan fitur.

Pendekatan yang diambil Facebook adalah “Move fast with stable infrastrucute”, memang tidak banyak pilihan, Facebook hanya merilis mobile advertising network.

Zuckerberg sadar bahwa infrasturtur theme yang stabil tidaklah menarik, tapi lebih penting adalah melayani semua orang dan bagaimana operasional berjalan normal.

Dengan pendekatan tersebut, maka Facebook akan konsentrasi pada iklan kelas entreprise dan social platform. Ini terasa lucu melihat Facebook berkembang seperti ini, namun berkaca pada Redhat yang sudah tidak mengeluarkan update terbaru karena banyak penyedia entreprise mendukung versi lama dan kelas enterprise lebih mengutamakan kestabilan layanan, maka segala kemungkinan bisa saja terjadi.