Facebook Privacy Setting

Facebook menawarkan beberapa alat dan pengaturan yang memungkinkan Anda untuk menjaga privasi Anda. Tetapi itu semuanya masih terserah Anda untuk mengontrol sendiri sepert apa layanan Facebook Anda gunakan.

Hari Kamis (22/5/2014) kemarin, Facebook melakukan sedikit perubahan pada pilihan default untuk pengguna baru dengan update yang hanya dapat dibagi dengan teman-teman saja dan tidak untuk publik. Sejalan dengan perubahan itu, dalam postingan kali ini kami akan sedikit “membongkar” pengaturan dasar privasi Facebook. Pengetatan pengaturan ini dapat membantu memastikan bahwa Anda mungkin juga tak terekspos secara terbuka pada jaringan sosial terbesar di dunia ini.

Pertama, Anda dapat mengubah pengaturah default untuk mengatur siapa yang dapat melihat semua pembaruan (status, foto, dsb) Anda dan mengontrol setiap update secara manual. Untuk melakukan hal ini, login ke account Facebook Anda dan klik ikon Shortcuts Privasi di kanan atas.

Dari Shortcuts menu Privacy, klik link “Who can see my Stuff?” atau dalam bahasa Indonesia “Siapa yang dapat melihat apapun yang dari saya?” di bagaian pengaturan “Who can see my future posts?” atau dalam bahasa Indonesia “Siapa yang dapat melihat kiriman saya selanjutya?” klik tombol dan pilih penonton standar yang sesuai untuk update Anda. Anda dapat memilih Public/Umum ( bukan pilihan terbaik yang kami rekomendasikan), Friends/Teman (mungkin pilihan terbaik), atau Only Me/Hanya Saya (pilihan yang tidak banyak pengguna fokus ke pilihan ini). Anda juga dapat memilih pilihan kustom/khusus jika Anda ingin berbagi update hanya dengan daftar teman-teman Facebook tertentu saja.

Anda kemudian dapat menimpa pengaturan default untuk setiap update individu. Dalam update (atau Apa yang ada di pikiran Anda?) kolom pada halaman Facebook Anda, cukup klik pengaturan berbagi default dan mengubahnya menjadi sesuatu yang lain. Sebagai contoh, Anda mungkin ingin mengatur penonton default Anda ke teman-teman tapi berbagi update khusus hanya dengan kelompok orang yang lebih terbatas.

Selanjutnya, Anda dapat mengubah kemampuan penonton untuk berinteraksi di update Anda yang sudah diposting. Untuk melakukan hal ini, sekali lagi klik ikon Shortcuts Privasi di kanan atas dan klik link untuk “Who can see my Stuff?” atau dalam bahasa Indonesia “Siapa yang dapat melihat apapun yang dari saya?” Di bagaian pengaturan untuk “Where do I review who can see or find things I’ve posted or been tagged in?” atau dalam bahasa Indonesia “Di mana saya meninjau siapa yang dapat melihat atau menemukan hal-hal yang telah saya kirimkan atau telah ditandai dalam?” klik link untuk Gunakan Log Aktifitas/Use Activity Log.

Facebook menampilkan sebuah timeline berisi semua pembaruan yang telah diposting, like/suka, atau dikomentasri. Arahkan kursor ke bagaian atas ke ikon penonton kecil di sebelah kanan teks, ini memungkinkan Anda mengatur siapa yang dapat melihat update.

Anda tidak dapat mengontrol siapa yang bisa melihat update dari orang lain, tetapi Anda dapat mengontrol update Anda sendiri. Cukup klik ikon penonton untuk salah satu update Anda sendiri dan ubah pilihannya. Sebagai contoh, Anda mungkin memutuskan bahwa update memalukan, seharusnya tidak dibagi dengan semua teman-teman Anda, tetapi hanya dengan beberapa orang saja. Tentu saja, semua teman-teman Anda mungkin sudah melihat pembaruan ini, tapi setidaknya Anda dapat membatasi eksposur untuk kedepannya.

Ingin mengatur bagaimana timeline Anda terlihat orang lain? Sekali lagi, klik ikon Shortcuts Privasi di kanan atas dan klik link “Who can see my Stuff?” atau ” Siapa yang dapat melihat apa saja yang dari saya? ” Di bagaian pengaturan “What do other people see on my timeline?” atau dalam bahasa Indonesia “Apa yang dilihat orang di kronologi saya? ” kemudian klik View as link.

Secara default, Facebook memungkinkan kita melihat halaman profil Facebook kita dari sudut pandang yang dilihat oleh publik atau teman kita. Anda dapat melihatnya dengan mengklik link View as Specific Person di bagian atas dan kemudian ketik dan pilih nama salah satu dari teman-teman Facebook Anda.

Anda juga dapat menentukan jenis pesan yang ingin Anda terima dalam inbox Facebook Anda. Klik ikon Shortcuts Privasi di kanan atas dan klik link Who can contact me?” atau “Siapa yang dapat menghubungi saya?” Di bagaian pengaturan “Whose messages do I want filtered into my Inbox?” atau “pesan dari siapa yang inginkan saya saring ke pesan masuk? ” pilih penyaringan dasar atau penyaringan ketat. Yang pertama memungkinkan pesan dari teman dan orang-orang yang mungkin Anda kenal, sedangkan yang kedua membatasi pesan hanya dari teman Facebook Anda.

Di bawah pengaturan untuk “Who can send me friend requests?” atau “Siapa yang dapat mengirim permintaan teman ke saya?” klik tombol untuk memilih semua orang atau hanya Teman dari Teman Anda.

Lalu, apa yang dapat Anda lakukan jika seseorang terus mengganggu Anda di Facebook? Klik link “How do I stop someone from bothering me?” atau ” Bagaimana cara membuat orang berhenti mengganggu saya?” Ketik nama atau alamat email dari orang yang Anda ingin blokir, dan teman tersebut akan di Unfriended dan tidak akan dapat memulai percakapan dengan Anda atau melihat update Anda.

Facebook menawarkan lebih banyak alat dan pengaturan yang oke untuk kita telusuri lebih jauh. Klik link Lihat Pengaturan Lebih di bagian bawah jendela Shortcuts Privasi.

Sebuah bagian yang disebut “Who can look me up?” atau “Siapa yang dapat melihat saya?” adalah kontrol yang dapat melihat Anda di Facebook menggunakan alamat email atau nomor telepon. Timeline dan Tagging halaman memungkinkan Anda mengelola yang bisa posting di timeline Anda dan apa yang bisa mereka lihat. Dan halaman Pemblokiran memungkinkan Anda untuk memblokir pengguna dan aplikasi tertentu di Facebook.

Facebook sering mendapatkan kritikan karena tidak peduli tentang privasi pengguna. Namun situs tersebut menyediakan alat-alat untuk membantu pengguna mengontrol privasi mereka sendiri. Meninjau dan mengelola pengaturan ini adalah sesuatu yang semua pengguna Facebook harus lakukan.