Baterai

Era digital seperti saat ini, smartphone merupakan benda paling dekat dan paling sering digunakan, baik untuk aktivitas normal seperti sms dan telpon, maupun untuk aktivitas kerja seperti chatting koordinasi kerjaan juga berkirim email dengan mitra dan client.

Namun sebagian besar dari kita melalaikan satu kebutuhan dari smartphone, yaitu perlakuan dalam proses isi ulang baterai. Kesibukan dan kebutuhan mendesak kita memaksa smarthone kita isi batere melalui power bank ataupun USB di Laptop/ Komputer.

Seperti dikutip dari Kompas, Jum’at 25/04/2013 berikut ini tata cara yang benar ketika kita isi ulang batere smartphone :

Baterai habis total (Smartphone mati sendiri)

Saat smartphone awal memang saran bahwa untuk isi ulang baterai harus dalam kondisi kosong dan itu benar adanya dengan syarat jenis baterainya adalah nikel. Untuk smartphone jenis terbaru di mana baterai nikel sudah ditinggalkan dan menggunakan baterai jenis lithium-ion, untuk baterai jenis ini ada baiknya smartphone di charge pada posisi batere 20%-50% walaupun perlu juga dilakukan kalibrasi batere, misal sebulan sekali dengan menghabiskan total daya batere, namun seringnya daya batere kosong jelas akan merusak batere itu sendiri.

Nge Charge semalam membuat baterai Soak!

Sering sekali kita dengan alasan kenyamanan, kita melakukan pengisian ulang baterai ketika kita akan tidur dan handphone terhubung dengan charger dan saat pagi bangun sudah penuh kembali, padahal hal itu ternyata tidak baik untuk kondisi baterai walau ada charger yang bisa menghentikan proses charging ketika sudah terisi 100%, namun itu tetap tidak dianjurkan.

Smartphone terpapar panas secara langsung

Walaupun kita tidak sengaja menjemur smartphone kita, namun ketidaktahuan kita terkadang membuat smartphone terpapar lama sinar matahari seperti handphone diletakkan di dashboard mobil yang langsung kena sorot sinar matahari walaupun dalam kondisi mati sekalipun, batere tetap akan mengalami kerusakan.

Langsung ke socket listrik, jika tidak mendesak jangan gunakan Powerbank

Mungkin ini yang sudah jarang dilakukan oleh para pemilik Smartphone, dengan alasan praktis maka membawa powerbank dan kabel USB kini menjadi tren dan jadi solusi praktis, pun bila powerbank kehabisan daya proses charging dilakukan langsung ke USB Laptop sekalian kerja. Dengan pengisian ulang langsung ke listrik akan membuat beterai cepat terisi dan juga tidak menimbulkan panas berlebihan pada batere dibanding dengan kita ngecharge dengan powerbank atau kabel data ke USB Laptop.(den)