hemat battery

Apapun jenis smartphone yang kita miliki, baik itu iPhone, Android maupun Windows Phone keluhannya sama yaitu boros baterai. Cara berikut bisa dicoba untuk memperpanjang waktu penggunaan smartphone sampai diisi ulang kembali.

1. Layar Redup; Gunakan mode ini untuk brightness layar smartphone .

2. Matikan Radio; matikan semua wireless radio yang tidak dipakai mulai dari GPS, Bluetooth, NFC dan Wi-Fi dan bila sedang tidak digunakan sama sekali pilihan airplane mode juga bisa dipakai, dan ternyata bila kita melakukan isi ulang baterai dengan mode airplane, pengisian baterai akan lebih cepat penuh.

3. Matikan pemberitahuan realtime; ini agak sulit memang bagi kita yang menggunakan fitur messenger di Smartphonenya karena bila ini dimatikan maka pengecekan messenger dilakukan manual dan langsung ke aplikasinya; seperti juga update email masuk.

4. Utamakan menggunakan jaringan Wi-Fi; bila memungkinkan terkoneksi  ke jaringan Hotspot, baik di area umum maupun kantor gunakan saja karena penggunaan sinyal Wi-Fi juga lebih hemat dalam penggunaan baterai daripada kita terhubung ke jaringan 2G/3G.

5. Jangan lupa layar dikunci; mode otomatis layar mati dan smartphone terkunci juga membantu dalam penghematan baterai juga tentunya menghindari tertekan layar dan melakukan panggilan acak ketika kita letakkan smartphone di tas maupun di kantong.

6. Masalah Aplikasi; Sulit dihindari memang bila kita aktif menggunakan smartphone untuk bermain game, nonton video streaming maupun baca e-book, ada juga beberapa aplikasi yang menyedot penggunaan baterai smartphone.

7. Pastikan Aplikasi yang tidak digunakan ditutup; caranya dengan tekan tombol home lama dan hilangkan shortcut aplikasi-aplikasi yang berjalan tetapi dalam kondisi sedang tidak digunakan.

8. Atur suhu ruangan; menyimpan smartphone diruangan yang terlalu panas atau dingin akan menguras isi baterai, Suhu normal yang dianjurkan adalah 0 derajat celcius – 35 derajat celcius.

9. Software update; Pastikan saat melakukan update software terkoneksi pada jaringan Wi-Fi

10. Baterai tambahan; untuk di Indonesia beberapa smartphone dibekali baterai cadangan atau juga bisa menggunakan power bank untuk menghindari baterai kehabisan daya, walaupun penggunaan powerbank untuk mengisi baterai secara terus menerus juga tidak dianjurkan karena akan merusak baterai itu sendiri.