Setelah berada diversi Beta, akhirnya Apple merilis sistem operasi terbaru untuk perangkat iDevicenya, iOS 7.1. Update iOS 7.1 ini merupakan update major dari Apple untuk iOS 7.x setelah sebelumnya hanya hadir dalam bentuk minor update higga iOS 7.0.6.

Beberapa fitur dan perbaikan hadir bersama update ini. Salah satu fitur yang menarik adalah fitur CarPlay, fitur baru untuk menghubungkan iDevice dengan perangkat elektronik di Mobil. Selain fitur tersebut ada pula perbaikan kemampuan fitur Voice Assistant Siri, dan perbaikan pada antarmuka iOS 7.

Yang tidak kalah menarik lainnya adalah, update iOS 7.1 ini menjawab keluhan pengguna iPhone 4 yang selama ini mengeluhkan performa dari smartphone yang mereka pakai mengalami penurunan cukup drastis saat menggunakan iOS 7.0.x. Dengan upgrade ke iOS 7.1, beberapa fitur yang membuat berat saat menggunakan iOS 7 akan hilang. Jadi, dengan apdate ke iOS 7.1 pemilik iPhone 4 akan dapat merasakan iOS 7 yang jauh lebih smooth dari sebelumnya.

Dari hasil pengujian yang dilakukan Ars Technica terhadap iOS 7.1 yang menjalankan sejumlah aplikasi iOS di iPhone 4 dan menghitung berapa kecepatan membuka aplikasi tersebut, tampak bahwa hasil uji aplikasi iOS di iPhone 4 dengan iOS 7.1 cukup memuaskan dibandingkan dengan saat menggunakan versi iOS sebelumnya.

14.03.10-iPhone4-iOS71
Hasil uji performa iOS 7.1 di iPhone 4

Selain melakukan uji tersebut, Ars Technica juga memperkirakan bahwa iOS 7.1 ini merupakan mayor update terakhir sistem operasi iOS untuk iPhone 4. Apple umumnya akan menghentikan dukungan untuk generasi terakhir dari iPhone ketika merilis sistem operasi baru setiap tahun. Ars mengatakan iOS 7.1 membuat pengalaman cukup baik bahwa menggunakan iPhone 4 tidak lagi “ketinggalan”, sehingga untuk sementara waktu tidak perlu pindah ke ponsel yang lebih cepat dahulu.

Untuk upgrade ke iOS 7.1, Anda dapat melakukannya via update OTA langsung dari perangkat iDevice (Setting > General > Sofware Update) atau update via aplikasi iTunes di komputer yang Anda gunakan.

[via MacRumors]