image2fpng

iOS 7.1 mungkin baru saja dirilis ke publik beberapa waktu yang lalu, namun iterasi terbaru dari OS untuk iDevice ini memiliki masalah yang cukup serius, yaitu masalah konsumsi daya baterai yang buruk. Berdasarkan beberapa Tweet dan posting di forum diksusi Apple menunjukkan bahwa pengguna melihat ada konsumsi daaya yang signifikan pada baterai setelah mereka menginstal update baru. Dan kami pun merasakannya.

Beberapa pengguna di forim diskusi Apple menyarankan untuk melakukan clean install iOS 7.1 melalui iTunes (dengan mekanisme restore backup) untuk memecahkan masalah konsumsi baterai tersebut. Sebuah solusi lain yang dirasakan oleh beberapa pengguna cukup ampuh untuk menangani masalah ini adalah dengan menggunakan mekanisme BatteryGate, mekanisme yang digunakan untuk menangani masalah baterai saat pertama kali iPhone 4S diluncurkan, meskipun belum ada laporan resmi yang menunjukkan bahwa mekanisme tersebut benar-benar ampuh.

Bahkan ArsTechnica menemukan penurunan nyata dalam daya tahan baterai iDevice dengan update iOS 7,1, meskipun artikel tersebut mencatat bahwa angka jatuh dengan margin of error tes. Dan berikut grafik temuan dari ArsTechnica yang menunjukkan perbandingan daya tahan baterai pada semua perangkat iDevice dengan iOS 7.1.

battery-fixed_-again_

Dari apa yang kami alami pun juga menemukan bahwa daya tahan baterari di iPhone 4, iPhone 5, dan iPad 3 yang telah kami update ke iOS 7.1 mengalami penurunan yang cukup drastis. Jika biasanya, iPhone 4 dan iPhone 5 bari kami charge 1 hari sekali, setelah kami upgrade dengan pengaturan dan penggunaan standar (belum di Tweaking), kami harus isi ulang baterari 2 kali sehari. Cukup rakus daya baterai memang.

Baca Juga: 7 Cara Hemat Baterai Perangkat iOS 7

Nah, bagaimana pengalaman Anda dengan iOS 7.1? Apakah mengalami hal yang sama dengan kami? Bagi pengalaman Anda di kolom komentar.