android-versions-january-2014

Google telah merilis data terbaru mengenai share penggunaan OS Android di tahun 2014. Dalam data tersebut tampak jelas bahwa para pengguna perangkat mobile berbondong-bondong mulai beralih dari Android 4.0.x Ice Cream Sandwich ke Android 4.2.x Jelly Bean. Sementara, versi terbaru Android 4.4 KitKat menguasai 1,4% dan terus akan bertambah.

Adopsi Jelly Bean mengalami pertumbuhan cukup cepat dari 54,5 persen pada Desember menjadi 59,1 persen di bulan ini. Hal tersebut terjadi bukan tidak mungkin mengingat setiap iterasi terbaru perangkat Android yang muncul telang dilengkapi dengan Android Jelly Bean.

Pertumbuhan adopsi Android 4.4 KitKat masih belum signifikan lantaran iterasi terbaru mobile OS besutan Google ini belum lama muncul dan dirilis serta masih terbatas di perangkat keras Google, entah itu jajaran smartphone Nexus atau Motorola. Belum ada informasi mengenai kepastian kapan perangkat dari perusahaan pihak ketiga akan mendapatkan update Android KitKat atau merilis produk dengan Android KitKat di dalamnya.