Start Screen di Windows 8 merupakan pintu gerbang untuk masuk ke PC atau laptop Anda dan apa yang Anda lihat pertama kali sesaat setelah Anda Login. Kecuali Anda mengatur Windows 8 Anda langsung ke bagaian Desktop setelah login. Bahkan di Update Windows 8.1 juga memperkenalkan lebih banyak pilihan penyesuaian untuk Start Screen.

Bagi sebagaian besar pengguna perangkat dengan OS Windows 8 maupun Windows 8.1, menghabiskan cukup banyak waktu untuk mengatur tampilan dari Start Screen. Sayangnya, apa yang telah Anda lakukan, menata tampilan Start Screen akan hilang saat Anda install ulang Windows 8 Anda atau tanpa sengaja ada yang menset atau reset ulang Start Screen karena PC atau laptop Anda digunakan oleh orang lain.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan sedikit Tweaking bagi Anda untuk membuat backup atau cadangan layout dari Start Screen Windows 8 dan mengembalikannya nanti. Dan berikut cara Backup Start Screen Windows 8 dan Windows 8.1.

Langkah 1: Buka dialog box Run dengan menekan secara bersamaan tombol WIndows + R di keyboard secara bersamaan.
Langkah 2: Ketikkan “%LocalAppData%\Microsoft\Windows” (tanpa petik) dan tekan Enter untuk membuka Windows Explorer ke lokasi di mana file layout Start Screen disimpan.

Run Dialog

Langkah 3: Salin file, “appsFolder.itemdata-ms” dan “appsfolder.itemdata-ms.bak” ke folder backup di mana Anda akan menyimpan backupan tersebut.

Jika sesuatu terjadi pada tata letak Start Screen Anda dan Anda ingin mengembalikannya, Anda hanya perlu meletakkan file backup kembali ke lokasi semula dan menimpa file yang sudah ada di dalam folder.

Itu saja. Sekarang jika keponakan atau teman Anda datang dan mereka mengatur ulang Start Screen Windows 8, Anda dapat tetap tersenyum dan mengembalikannya hanya dalam waktu beberapa menit saja.