blackberry-10-apps1

Kabar terbaru muncul dari pengembang BlackBerry 10. Para pengembang BlackBerry 10 dalam waktu dekat akan segera merilis update terbaru dari OS BlackBerry 10, yaitu update BlackBerry 10.2.1. Nah, dari beberapa fitur yang dibawa dalam update ini, ada sebuah fitur yang banyak ditunggu dan juga sekaligus menjawab tanda tanya besar penimat gadget dunia. Fitur tersebut adalah akses aplikasi Android.

Dari yang kami kutip dari detiInet pagi ini (18/1/14), Senior Product Manager BlackBerry South East Asia, Ardo Fadhola, saat acara sneak peek OS BB 10.2.1, di Lot 28, Jakarta mengkonfirmasi keberadaan fitur tersebut. Ardo mengatakan bahwa kini BlackBerry memberikan ‘jalan’ yang lebih lapang ke aplikasi berbasis Android agar bisa dibenamkan di handset BlackBerry 10 dengan mudah.

Sebelumnya, beberapa aplikasi Android tertentu memang sudah bisa diinstall di perangkat BlackBerry 10 dengan mekanisme porting terlebih dahulu. “Nah, kini tidak. Tanpa perlu diutak-atik. Pengguna dapat langsung menginstall aplikasi berbasis APK ke handset BB 10. Bahkan, Anda bisa mengambilnya dari source di luar handset,” ungkap Ardo. Artinya pengguna perangkat BlackBerry 10 yang mempunyai file APK Android pun kini bisa langsung menginstallnya di BB10. Namun dengan satu syarat, aplikasi tersebut kompatibel dengan smartphone miliknya.

Untuk menginstall aplikasi Android ke perangkat BlackBerry 10, Ardo menjelaskan bahwa ada tiga cara yang bisa pengguna gunakan. Cara pertama, melalui BlackBerry World, cara kedua melalui akses ke web portal, browser dan link download APK. Serta yang terakhir, dengan melalui top new aplikasi Android.

Update BlackBerry 10.2.1 masih dalam tahap uji coba dan distribusi terbatas untuk kalangan internal dan mitra dari BlackBerry Indonesia dan direncanakan akan dirilis umum dalam waktu dekat. Kita tunggu saja!

img credit: technobuffalo.com