Bagi Anda pemilik gadget dengan sistem operasi Android tentunya sudah sangat familiar dengan yang namanya Google Play, dimana dari situ kita bisa download dan menjalankan aplikasi yang kita sukai. Tapi apakah selama ini Anda sebagai pemilik gadget mempunyai kontrol terhadap privasi dari data pribadi Anda, baik itu no telepon, email, sms, bahkan IMEI dari gadget Anda? Sepertinya tidak.

Sampai saat ini, memang belum ada cara untuk menjalankan aplikasi pada Android dengan kontrol privasi yang nyata dan dapat diandalkan. Hingga akhirnya, pada Android versi 4.3 dan diatasnya mengambil suatu langkah besar yang benar, dimana membiarkan pengguna menginstal aplikasi sementara tetap bisa menolak upaya aplikasi untuk mengumpulkan data pengguna.

Android sendiri awalnya dibangun dengan memiliki sistem yang cukup canggih dan sangat mengedepankan hak akses terhadap tiap aplikasi. Tapi banyak dari izin privasi tersebut terkesan membingungkan. Selain itu, melihat cara kerja OS dan Google Play Store, pengguna tidak dapat menginstall sebuah aplikasi tanpa mengatakan “tidak” apabila aplikasi yang bersangkutan ingin bisa membaca buku alamat, melacak lokasi pengguna atau bahkan mengambil no telepon atau IMEI.

Dulunya, Apple iOS juga tidak memiliki model perizinan untuk aplikasi. Tetapi setelah muncul berbagai skandal privasi, Apple mulai memaksa aplikasi untuk meminta ijin jika akan mengumpulkan data. Jadi selama dua tahun terakhir, opsi untuk menjaga privasi dari pengguna iPhone telah lebih dulu daripada Android.

Nah, akhirnya hal ini berubah di Android 4.3 yang menambahkan fitur keren untuk meningkatkan perlindungan privasi pengguna. Anda dapat mengaktifkan fitur ini dengan menginstall aplikasi App Ops Launcher. Jika Anda menjalankan aplikasi ini, Anda dapat dengan mudah mengontrol sebagian besar ijin privasi yang aplikasi butuhkan. Ingin install Shazam tanpa bisa melacak lokasi Anda? Gampang. Ingin menginstall aplikasi SideCar tanpa membiarkannya membaca buku alamat Anda? Beres.

2013-12-13_07143137873
AppOps Launcher

Meskipun bisa dibilang ini sangat terlambat dan tidak cukup lengkap, App Ops Launcher adalah kemajuan besar dalam pengaturan privasi di Android. Bisa diartikan, Android 4.3+ menjadi suatu keharusan bagi siapa pun yang ingin menggunakan OS Android dan membatasi aplikasi dalam penggunaan privasi Anda. Ingin lebih aman?? Upgrade dong Android-nya 🙂