Beberapa hari ini, ketika membaca timeline dari beberapa akun yang saya follow, saya sempat membaca beberapa tweet yang bersifat spam dengan menampilkan gambar-gambar wanita n*d*, yang rasanya tidak pantas untuk ditampilkan.

2013-12-24_092558

Selain itu, bisa juga spam-spam tersebut mengandung skrip jahat yang mungkin bisa mengambil data pribadi yang Anda miliki. Untuk melindungi akun twitter kita dari serangan spam atau skrip jahat, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan. Langkah-langkah berikut saya kumpulkan dari berbagai website.

1. Ubah Password Anda

Tiba-tiba tanpa bisa dijelaskan seseorang telah mendapatkan password Anda dan mengirim DM (Direct Message) atau tweet menggunakan nama Anda. Maka langkah mengganti password ini adalah tindakan awal yang harus Anda lakukan. Selain itu, jika perangkat mobile Anda hilang atau dicuri, pastikan Anda bisa segera online dan mengganti password seluruh akun sosial media Anda. Jika Anda mengalami kesulitan untuk login, maka Anda bisa menggunakan fasilitas Request a password reset melalui Twitter dan kemudian lebih memperketat akun Anda.

Jangan lupa untuk mengganti password yang menggunakan kombinasi huruf besar dan kecil, angka, serta simbol.

2. Periksa Aplikasi Anda

Dari dalam akun Twitter, masuk ke menu Settings dan pilih Apps. Ada kemungkinan Anda mengijinkan atau memberi akses aplikasi tertentu untuk menggunakan akun Twitter Anda untuk mengomentari blog atau postingan baru, atau menggunakan akun Twitter Anda untuk login ke situs tertentu atau ketika Anda menghubungkan akun Twitter Anda ke media sosial misalnya Instagram atau Facebook. Jika Anda mengetahui aplikasi yang menyebabkan munculnya DM atau tweet, Anda bisa klik Revoke Access.

3. Aktifkan Fitur Verifikasi Akun

Per bulan Mei 2013, Twitter telah melengkapi fitur autentikasi dua tahap dengan tujuan untuk melindungi akun pengguna dari hal-hal yang  tidak diinginkan. Untuk mengaktifkan proses ini, Anda diwajibkan mempunyai ponsel karena nantinya semua kode verifikasi akan dikirim ke ponsel Anda. Memang sih, agak terasa lebih ribet, tetapi bisa meminimalkan resiko jatuhnya akun Anda ke orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

 

Tips Tambahan

Reply Misterius

Jika Anda terus-menerus menerima balasan / reply dari seseorang yang tidak Anda kenal dan curiga itu adalah spam, maka segera laporkan. Pertama, klik profil spammer. Lalu klik pada ikon akun tersebut. Maka akan muncul menu drop-down. Kemudian, klik “Report @username for spam”.

report1

Hal ini juga yang sama berlaku untuk balasan tweet yang Anda terima yang berisi tentang iPads gratis, undian berhadiah dan lain-lain.

report2a

Hiraukan Phishing

Mungkin sebagian besar dari kita telah melihat reply tweet yang bersifat phishing. Bisa saja reply tersebut datang dari seorang teman Anda, dan mengatakan hal-hal seperti “Astaga! Apakah ini Anda?” atau “Lihatlah video orang ini yang tergila-gila padamu!” serta menyertakan link, yang bisa ditebak – menyebabkan akun Anda untuk mengirim pesan tersebut kepada follower Anda.

Lalu bagaimana Anda juga mendapatkan pesan tersebut? hal itu dikarenakan karena teman Anda juga meng-klik pada link yang sama. Dan bagaimana cara mereka mendapatkan Anda untuk meng-klik link tersebut? ajakan mereka begitu provokatif dan emosional, dan menimbulkan keinginan atau rasa penasaran untuk meng-klik. Saran saya, jangan menanggapi akun atau link yang mencurigakan, atau melakukan klik pada link yang berasal dari sumber yang Anda tidak tahu.