YouTube-iPhone-HackApabila kita mengunci (lock) atau berpindah ke aplikasi lain sementara kita tengah memainkan video di YouTube, secara otomatis baik video maupun audio akan berhenti. Boleh jadi ini menjadi hal yang tidak menyenankan bagi kita yang menggunakan YouTube sebagai media untuk mendengarkan musik.

Sementara itu, menurut beberapa laporan, Google mungkin akan menambahkan opsi untuk multitask untuk tetap bisa mendengarkan audio walaupun kita beralih ke aplikasi lain atau iPhone dalam keadaan terkunci. Sampai kemampuan itu hadir, ada sebuah trik mudah dari salah satu pengguna Reddit, Erjobi, yang akan membiarkan kita mendengarkan audio dari video saat iPhone terkunci. Berikut trik mudah tersebut.

Pilih dan putar video yang ingin kita putar. Apa bila muncul iklan, tunggu hingga iklan tersebut selesai. Saat video dimainkan, tekan tombol share (bukan tanda plus), pilih “Message,” kunci iPhone, dan audio akan terus bermain. Mudah bukan?

Selain cara tersebut, ada cara lain yang bisa kita gunakan untuk bisa tetap memainkan YouTube saat iPhone terkunci atau kita beralih ke aplikasi lain. Cara lain tersebut adalah dengan menggunakan Jasmine, aplikasi YouTube gratis untuk iOS. Dengan aplikasi Jasmine, cukup putar video, kemudian kunci ponsel kita dan klik tombol home. Kita akan melihat kontrol audio di bagian atas lock screen. Tekan play, dan audio akan dimainkan.

Jika laporan mengenai rencana Google menghadirkan update multitask untuk aplikasi YouTube benar, maka selama menunggu kehadiran update tersebut kita bisa menggunakan dua cara di atas untuk tetap mainkan YouTube saat iPhone terkunci. Selamat mencoba!