Mobile Google Street View Surabaya

Fitur Street View Map yang ada di Google memang sudah cukup lama hadir. Fitur yang memungkinkan pengguna Google Maps melihat tampilan jalan 360° dan membolehkan pengguna melihat bagian dari kota pilihan mereka dan wilayah metropolitan sekitarnya pada tingkat dasar. Fitur ini diluncurkan pertama kali pada tahun 2007, namun hanya untuk beberapa kota di Amerika dan beberapa kota di Eropa saja. Namun, sekarang terhitung sudah ada ratusan kota dan ikon sebuah kota di dunia yang sudah hadir di Google Street View. Dan untuk Indonesia, jalanan kota Jakarta sebentar lagi juga akan hadir di Google Street View.

Proses pemetaan jalanan atau Street View dilakukan oleh beberapa mobil yang dilengkapi dengan kamera 360° yang akan mengambil foto panorama dari jalanan yang dilewati. Mobil Google Street View hadir di Indonesia dan mulai memetakan kota Jakarta sejak 2 Mei 2013 yang lalu. Setelah kurang lebih 3 bulan memetakan Jakarta, kini giliran Kota Surabaya yang akan dipetakan oleh mobil tersebut.

Kabar mengenai kehadiran mobil Google Street View di Kota Pahlawan ini kami peroleh dari Twitter seorang kawan di Surabaya yang membuat status dan mempublish foto 3 mobil Google Street View tengah parkir di parkiran pos Polisi di area City of Tomorrow, Surabaya. Dikatakan oleh rekan kami tersebut, Mobil yang akan memetakan jalanan Surabaya ini baru sampai di Surabaya hari ini. Dan belum tahu akan mulai beroperasi kapan. Menurut perkiraan kami, paling lama minggu depan atau minggu ini, mobil tersebut sudah mulai memetakan jalanan dan landmark Kota Surabaya.

Pada awalnya kami tidak menyangka bahwa Kota Surabaya akan masuk dalam Google Street View meskipun kedepan, Google akan memetakan semua kota di muka bumi ini. Di awal, beberapa sumber informasi menyebutkan bahwa mobile Google Street View hanya akan memetakan jalanan Ibu Kota Indonesia saja. Tapi, diluar dugaan, Surabaya menjadi Kota ke-2 di Indonesia yang dipetakan dan akan hadir di Street View Google Maps.

Jika untuk memetakan jalanan di Jakarta membutuhkan waktu kurang lebih 3 bulanan, boleh jadi untuk memetakan jalanan Kota Surabaya akan jauh lebih cepat dari waktu yang dibutuhkan untuk memetakan Jakarta. Kami sudah tidak sabar untuk menjelajah jalanan Kota Surabaya melalui fitur Street View yang ada di Google. Menyusuri megahnya jembatan Suramadu, melihat gagahnya patung Suro dan Boyo, dan Tugu Pahlawan yang berdiri kokoh di titik nol kilometer Surabaya tanpa harus datang ke Surabaya, langsung dari Google Maps. Kita tunggu saja!