screen shot 2013 at 01.12.03

Membuat sebuah logo yang “awet” sepanjang masa bukan perkara mudah. Logo-logo seperti Nike, Cola-Cola, Apple, McDonalds, adalah logo-logo yang langsung dikenali oleh pelanggan walaupun dari jarak jauh sekalipun.

Instagram mempercayakan Visi untuk membuat sebuah logotype yang langsung dikenali kepada Mackey Saturday. Diantara berbagai fitur dan perbaikan tampilan dalam versi 3.5, Gizmodo telah mencatat bahwa logo skrip juga mengalami perubahan sedikit. Jika dilihat secara sekilas, mungkin tidak ada yang berubah dari logo Instagram ini. Tapi jika diamati lebih jeli, ternyata ada perubahan estetika dari logo baru ini.

Saturday, yang merupakan teman pendiri dari Instagram, Kevin Systrom, menunjukkan bahwa perubahan kecil-pun sangat berpengaruh dalam membuat merek untuk jangka panjang. Saturday mengatakan bahwa tujuannya adalah agar bisa sejajar dengan logotype-logotype abadi seperti Kellog dan Campbell. Dia juga menambahkan bahwa Cola-Cola juga merupakan contoh logotype besar. Terkesan kembali ke masa lampau, tetapi ini melampaui tren populer.

Sementara logo baru ini menawarkan desain yang lebih halus dan bersih seperti yang ditunjukkan Saturday pada Dribble, perusahaan mungkin merasa kesulitan untuk mem-propaganda-kan skrip ini menjadi logotype yang abadi, mengingat bahwa kebanyakan orang lebih meng-asosiasikan ikon kamera bergaya retro dengan Instagram.

screen shot 201 at 01.26.05

[Via Mackey Sabtu (Dribbble) | Gizmodo]