Android-5.0

Menjelang konferensi Google I/O 2013 yang digelar pada pertengahan bulan depan, beredar rumor bahwa Google telah menunda peluncuran Android 5.0 (Key Lime Pie) untuk 2 sampai 4 bulan ke depan. Alasan penundaan ini diduga karena Google ingin memberikan ruang gerak untuk OEM dan mitranya untuk mendapatkan update Android 5.0 bagi perangkat-perangkat mereka dan juga untuk menyiapkan akan adanya perangkat baru.

Sebelumnya, ketika Google telah merilis update baru untuk Android, smartphone baru yang sudah dirilis, biasanya diluncurkan dengan versi Android lama – bahkan kadangkala bisa 1 sampai 2 versi dibawahnya. Hal ini dikarenakan Google tidak memberikan cukup waktu untuk OEM bersiap-siap dalam menggunakan update terbaru. Kali ini, Google ingin perangkat terbaru minimal menggunakan Android 4.2.2 (Jelly Bean) ketika Key Lime Pie diluncurkan, dan pada saat itu OEM sudah bisa mengembangkan Android 5.0.

Dengan kemungkinan tertundanya Android 5.0 sampai konferensi I/O 2013 selesai, muncul rumor yang mengatakan bahwa Google justru akan merilis update dari LG Nexus 4, dengan fitur LTE dengan kisaran harga 349 dollar, daripada mengeluarkan versi baru Nexus 5.

Jika rumor ini memang benar, sepertinya hal ini akan membuat Google I/O 2013 jadi sedikit kurang menarik, karena Android 5.0 awalnya diharapkan akan menjadi berita utamanya. Namun dengan terjual habisnya tiket untuk konferensi yang akan diadakan pada 15 sampai 17 Mei di Moscone Center di San Francisco, tentu saja pengunjung akan tetap mengikuti acara ini sampai selesai, meski mungkin agak berbeda dengan yang mereka harapkan.

[via Gadgetronica]