Anda bisa mendapatkan banyak informasi dari cara pengunjung yang datang ke website Anda melalui interaksi form. Jika mereka meninggalkan isian form tidak sampai selesai, mungkin Anda akan kehilangan pemasukan dengan pertanyaan yang tergolong sia-sia dan rumit, atau mungkin pengguna pada perangkat mobile kesulitan untuk mengisinya?

Google Analytics menawarkan kemampuan untuk melacak penggunaan form pada website kita, hanya saja agak rumit. Formisimo, adalah layanan baru yang dirancang untuk memberikan analisis mendalam tentang isian form pada situs web.

Dengan hanya menambahkan potongan skrip Javascript pada bagian footer dari website Anda, maka Formisimo akan secara otomatis mendeteksi isian form yang ada di website Anda dan mulai mengukur penggunaannya. Seperti yang ditunjukkan pada gambar dibawah ini, tampilannya sangat familiar bagi pengguna Google Analytics, hanya saja datanya lebih spesifik ke isian form.

Resize of Screen-Shot-2013-1

Formisimo dibuat oleh The E Word, agensi SEO yang berlokasi di Manchester, Inggris. Untuk saat ini, Formisimo masih dalam versi beta, dan Anda dapat mendaftar untuk mendapatkan akun gratis, meskipun aktivasi masih dalam proses antrian untuk memastikan stabilitas layanan mereka. Untuk harga masih belum dipastikan, tapi sepertinya akan bervariasi berdasarkan jumlah website dan jumlah akun yang Anda butuhkan.

Jika pekerjaan Anda berhubungan dengan penjualan atau bidang lain yang mana erat kaitannya dengan isian form, sepertinya Formisimo bisa menjadi sebuah keuntungan bagi Anda.

Resize of Screen-Shot-2013-2

[via Formisimo]