Google baru saja meluncurkan “Keep”, sebuah aplikasi notetaking dan pengarsipan yang berbasis awan, dimana aplikasi ini akan menyimpan ide-ide dalam otak Anda dan mengingatnya dengan mudah dimanapun Anda berada. Catatan yang Anda buat akan disimpan di Google Drive dan di-sikronisasi secara real time ke seluruh perangkat yang Anda miliki, sehingga Anda merasa selalu membawa catatan tersebut.

Google Keep - Android Apps on Google Play_20130321-203137

Aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk membuat memo via audio, yang tentu saja hal ini dirasa lebih mudah daripada harus mengetik. Melihat Google Now yang telah cukup baik dalam pengenalan suara, layanan suara ini bisa menjadi fitur yang menarik jika dapat akurat layaknya tulisan tangan.

Beberapa fitur yang ada pada aplikasi ini antara lain :

  1. Merekam ide/pikiran Anda melalui catatan, daftar dan foto
  2. Fitur transkrip dari suara secara otomatis
  3. Widget pada tampilan Home smartphone kita untuk menyimpan apa yg Anda pikiran lebih cepat
  4. Anda kode-kode warna untuk memudahkan pencarian data
  5. Memindah catatan ke sebuah checklist dengan hanya menambahkan checkbox.
  6. Mengakses catatan Anda dari manapun – karena data tersebut tersimpan dengan aman di cloud dan bisa diakses di http://drive.google.com/keep

Google juga telah menciptakan sebuah widget yang memungkinkan Anda untuk menggunakan “Keep” tanpa harus membuka perangkat Anda. Widget ini akan sangat berguna untuk menyimpan catatan Anda saat ini ketika Anda sedang beraktivitas.

Aplikasi ini sekarangtersedia di Google Play untuk perangkat Android 4.0 ke atas.

[via Google]