Google sepertinya sedang berencana untuk menyingkirkan bar navigasi hitam yang biasanya muncul di semua websitenya. Hal ini terlihat ketika beberapa pengguna yang telah men-download dan menggunakan “Canary” (browser pengembangan dari Chrome) telah memperlihatkan bahwa bar navigasi hitam tidak terlihat jika kita membuka situs web Google.

google-new-navbar-2

TheNextWeb yang melaporkan pertama kali tentang hilangnya bar navigasi ini. Tetapi untuk pengguna Chrome versi 25, Internet Explorer dan Mozilla Firefox, bar navigasi ini masih terlihat.

Ini bukan pertama kalinya Google bereksperimen dengan beberapa fitur navigasi baru untuk website versi desktopnya. Selain itu, TheNextWeb juga mencatat bahwa pada akhir Februari, Google mencoba layout baru yang menempatkan sejumlah icon grafis yang mewakili pilihan menu di sisi kanan halaman Google, dengan cara yang tampak mirip dengan menu tampilan smartphone Android.

Sepertinya Google ingin melihat bagaimana respon pengguna jika tidak ada pilihan menu seperti yang biasanya terlihat di website mereka. Bagi pengguna, tentunya ini adalah perubahan yang berdampak pula pada aksesbilitas. Semoga Google memiliki alasan yang kuat untuk melakukan perubahan ini.

Bagi pembaca IDGeeks, bagaimana pendapat Anda jika bar navigasi ini benar-benar akan dihilangkan dari semua situs Google? berikan komentar Anda.

[wpg_thumb]

(*) Catatan: Navigasi bar ini tetap muncul jika Anda login ke Gmail.

[via TheNextWeb]