dave_winerKetika Google mengumumkan bahwa mereka berencana menutup layanan Google Reader, banyak pengguna yang marah. Banyak orang membuat tulisan di blog dan Twitter untuk menyuarakan pendapat mereka, dan banyak pengguna mulai membuat sebuah petisi untuk mengubah pikiran Google. Semua orang berharap bahwa dengan cukup banyak pengguna menunjukkan ketidaksetujuan mereka terhadap keputusan Google, Google dapat mengubah keputusannya.

Dave Winer, pencipta versi pertama RSS, melalui tulisan yang iya tulis di blog-nya menyatakan bahwa ia tidak akan merasa kehilangan Google Reader. Dia menyatakan, “tidak pernah menggunakan layanan tersebut. Tidak percaya ide dari sebuah perusahaan besar seperti Google yang punya kepentikan bisa menjadi sejalan dengan saya bahwa saya bisa mempercayai mereka untuk mendapatkan semua berita saya.” Dia kemudian mengatakan bahwa ia tidak menyukai pendekatan Google “Mailbox” ketika datang ke RSS feed, dan bahwa ia menyukai pendekatan “river of news.”

Winer percaya bahwa matinya Google Reader adalah hal yang baik untuk RSS. Dia percaya bahwa Google tengah berada dalam bisnis untuk mengendalikan berita, terutama dengan layanan seperti Google Now. Google Now membawa update terbaru untuk cerita-cerita baru yang kita cari dan / atau ingin kita baca. Dia mengatakan bahwa itu merupakan salah satu hal buruk karena, itu merupakan tindakan mempersempit ruang informasi dan pencarian kita, dan itu memutuskan berita apa yang tidak ingin kita lihat.

Sementara Winer memang memiliki beberapa poin yang menarik, beberapa point dari RSS (Really Simple Syndication) feed adalah mempublikasikan karya sesering mungkin dari web atau blog yang terus diperbarui, yang Google Reader telah lakukan dengan sangat baik. Tidak seperti apa yang Winer katakan, bahwa ia percaya bahwa Google Reader memang memiliki pilihan untuk memutuskan apa jenis berita yang datang kepada mereka, dan Google sama sekali tidak mencoba untuk menghilangkan informasi yang keluar dari layanan Reader miliknya.

[via ZDNet]