Didorong oleh popularitas dari Galaxy Samsung S3 dan Google Nexus 4, Jelly Bean saat ini merupakan sistem operasi yang tergolong banyak digunakan di “keluarga” smartphone dan tablet.

Dari semua ponsel dan tablet Android, popularitas Jelly Bean mencapai 13,6 persen, menurut data terbaru dari Google. Peningkatan tersebut tergolong stabil, dimana bulan lalu pada angka 10 persen dan 7 persen pada bulan Desember, termasuk pada versi 4.1 dan 4.2.

13% Jelly Bean

Jelly Bean diumumkan pada bulan Juni 2012 dan memulai debutnya sebulan kemudian pada tablet Google Nexus 7, dengan minor update ke 4.2 pada peluncuran Nexus 4. Hal ini karena tahun ini digantikan oleh Key Lime Pie. Pertanyaannya adalah, apakah Google dapat mengeluarkan update terbaru untuk ponsel lebih cepat?

Google mengungkapkan angka-angka tersebut diatas dihitung dengan melihat ponsel dan tablet yang terhubung ke Google Play online dalam dua minggu terakhir.

Untuk sementara, versi Ice Cream Sandwich tampaknya akan tetap stabil. Saat ini posisinya 29 persen dari ponsel Android, agak naik dimana pada bulan November tahun lalu pada angka 25 persen.

Namun pada kenyataannya, mayoritas – hampir setengah, perangkat Android masih menggunakan Gingerbread, dua generasi sebelumnya (ini jika Anda tidak menghitung Honeycomb, yang hanya pada beberapa tablet).

[via Crave]