texting-while-driving-how-dangerous-is-itSalah satu penyebab kecelakaan di jalan raya adalah penggunaan ponsel ketika tengah mengendarai kendaraan bermotor. Sering pengendara hilang konsentrasi mengemudi ketika mereka menggunakan ponsel saat mengemudi. Mereka ingin segera membuka ponsel ketika mendengar notifikasi SMS masuk dan ingin segera membalas SMS tersebut. Tak jarang mereka tidak menghiraukan himbauan yang melarang menggunakan handphone ketika mengemudi. Akibatnya, konsentrasi mengemudi beralih ke ponsel bukan ke jalan dan kendaraan. Dan sebagaian besar yang melakukan ini adalah anak-anak remaja.

Pengembang aplikasi untuk perangkat iOS dan Android telah membuat sejumlah aplikasi yang membantu mendorong kita mereka untuk tidak menggunakan ponsel khususnya SMS-an dan berkendara pada waktu yang bersamaan.

Beberapa aplikasi mengunci fungsi SMS, dan mengarahkan kita untuk menjadi driver bertanggung jawab. Lainnya membiarkan orangtua atau orang lain mengontrol telepon dengan menempatkan dalam modus airplane mode sehingga ketika SMS masuk , kita tidak akan menerima notifikasi. Tingkat kontrol bervariasi untuk setiap aplikasi – beberapa memerlukan tanggung jawab kita lebih untuk memulai aplikasi, sementara yang lain dapat mendeteksi ketika mobil bergerak pada kecepatan tertentu.

Nah berikut 5 Aplikasi yang bisa kita gunakan untuk cegah penggunaan SMS ketika tengah berkendara

1. DriveOFF

DriveOFF adalah aplikasi yang berjalan di platform Android yang dibuat oleh salah satu perusahaan asuransi yang dapat otomatis mendeteksi ketika kita berkendara dengan mengetahui kecepatan kita bergerak. Jika kecepatan kita mencapai 10 mph, secara otomatis aplikasi akan mematikan beberapa fitur yang akan mengganggu aktivitas mengemudi kita. Termasuk menghentikan sementara panggilan dan SMS yang masuk. Selain itu, ketika aplikasi ini dijalankan kita akan melihat screen saver dengan gambar yang membosankan. Tujuannya adalah untuk membuat kita bosan dan mengurangi kita melirik ponsel.

driveoff

Aplikasi DriveOFF gratis. Untuk download, silahkan download di sini.

2. DriveMode

Aplikasi ini adalah aplikasi dari AT&T, sebuah perusahaan yang sudah sangat vokal menyerukan bahaya menggunakan ponsel saat mengemudi. Aplikasi otomatis aktif setelah mobil bergerak dengan kecepatan lebih dari 25 mph. Aplikasi ini memiliki fitur yang mampu menanggapi semua SMS dan email yang masuk secara otomatis, membiarkan pengirim tahu bahwa penerima sedang mengemudi dan akan kembali segera. Semua notifikasi dan nada dering lainn yang menunjukkan pesan baru akan dinonaktifkan sementara. Setiap panggilan masuk ke telepon akan langsung dialaihkan ke voicemail.

Drive Mode

Aplikasi DriveMode ini gratis dan sementara baru tersedia untuk pelanggan AT&T dengan perangakat Android dan BlackBerry.

3. TextBuster

TextBuster merupakan aplikasi yang kami sarankan untuk diinstall pada perangkat guna mencegah penggunaan SMS atau ponsel ketika mengemudi. Aplikasi ini memiliki perangkat keras khusus yang harus dipasang di mobil, sehingga setiap kali kita masuk mobil aplikasi akan otomatis tahu dan untuk sementara menonaktifkan SMS, email dan akses internet saat kendaraan bergerak. Sementara itu Ponsel masih dapat membuat dan menerima panggilan, dan fungsi GPS masih bekerja, sehingga aplikasi ini mungkin terbaik bagi pengemudi karena tak memerlukan kontrol dari orang lain. Aplikasi TextBuster gratis dan tersedia untuk perangkat Android. Sementara perangkat keras yang dibutuhkan untuk menggunakan aplikasi ini dijual sebesar $ 179 dari $ 199,95.

Textbuster

Download aplikasi di sini

4. DriveScribe

Aplikasi gratis ini membuat ponsel menjadi perangkat yang aman ketika kita mengemudi. Dan aplikasi ini sangat cocok untuk orangtua yang ingin memonitor anaknya apakah mereka ngebut saat mengemudi, dsb. DriveScribe memonitor kecepatan pengemudi, dan memblok SMS dan panggilan saat mobil sedang melaju. Aplikasi ini juga akan memberitahu kita untuk memperlambat jika kita mengemudi terlalu cepat. Untuk menggunakan aplikasi ini kita harus klik “start trip” sebelum mengemudi, dan klik “end trip” saat mencapai tujuan. Artinya aplikasi ini berjalan secara manual, belum otomatis mendeteksi ketika kita mulai mengemudi. Orangtua atau orang lain juga dapat mengakses laporan untuk melihat apakah pengemudi melebihi batas kecepatan alias ngebut.

DriveScribe

Download aplikasi di sini

5. Canary

Aplikasi ini memungkinkan orangtua memonitor penggunaan ponsel anak mereka secara real time, sehingga mereka dapat mengetahui jika putra atau putri mereka menggunakan ponsel saat mengemudi lebih dari 12 mph. Aplikasi ini juga mencatat saat-saat ponsel itu digunakan, dan mengirimkan orang tua peringatan jika anak mereka berkendara ke daerah yang melampaui batas daerah yang diperbolehkan. Orang tua juga akan diberitahu jika anak mereka menonaktifkan Canary.

Canary

Aplikasi Canary ini gratis dan tersedia untuk perangkat iOS dan Android. Download aplikasi di sini

[via Mashable]