ht_iPhoneHomeButtonTidak peduli seberapa jeli kita menjaga iPhone untuk tetap aman dan utuh, selalu ada kesempatan tombol home di iPhone kita pada akhirnya akan mengalami efek dari pemakaian normal dan masalah. Pada IPhone 5, yang dilengkapi dengan perubahan anatomi tombol home, ini dapat memecahkan masalah ini, tetapi tombol home pada model iPhone sebelumnya masih rentan terhadap fenomena umum tersebut.

Jika kita masih dalam masa garansi satu tahun dan tidak ada indikasi yang menunjukkan tanda-tanda kerusakan akibat kecelakaan, silahkan perbaiki dengan membawanya ke Apple Center. Selama iPhone kita dilindungi oleh garansi, perusahaan akan mengganti ponsel kita atau melakukan perbaikan yang diperlukan secara “gratis”.

Mereka yang telah mendapati masalah pada tombol home di iPhone setelah masa garansi mereka dapat, idgeeks.net coba membagikan empat cara perbaiki tombol home yang unresponsive. Hanya saja, teman-teman harus berhati-hati: jika kita tidak benar saat melakukan cara 2 dan 3, ada kemungkinan resiko merusak iPhone, dan kami tidak bertanggung jawab atas hal tersebut.

Cara 1: Kalibrasi ulang tombol Home

Jika kita beruntung, masalah respon yang lambat pada tombol home iPhone kita bisa karena kesalahan software. Untuk mengetahui, kita harus mengkalibrasi tombol home kita. Berikut caranya:

Buka aplikasi bawaan, seperti Jam, SMS, atau yang lain. Tahan tombol sleep sampai muncul “Slide to power off”. Ketika hal itu terjadi, lepaskan tombol sleep dan tahan tombol home. Setelah sekitar 5-10 detik, aplikasi akan menutup.

Jika ini memecahkan masalah kita, kita adalah salah satu pemilik iPhone yang beruntung. Jika tidak kita mungkin bisa mencoba restore iPhone kita sebelum melanjutkan ke metode kedua.

Cara 2: Setel Ulang Docking Port

Ada kemungkinan bahwa terjadi kerusakan normal dan keausan, Docking Port iPhone tidak sejajar, menggeser tombol home bersama dengan itu. Meskipun service center mungkin menyarankan kita untuk mengganti tombol home, apa yang ada di video youtube di bawah ini menawarkan solusi yang berbeda.

Caranya, pasang kabel USB ke iPhone. Kemudian, tekan perlahan ke bawah pada konektor 30-pin, sehingga mendorong di belakang tombol home. Sementara kita mekanan konektor, klik tombol home. Lepaskan kabel, dan melihat apakah masih tetap ada masalah.

Cara 3: Bersihkan Tombol Home

Minyak, lengket hula yang menempel di tombol Home iPhone dari tangan kita adalah salah satu hal yang bisa menjadi penyebab tombol home di iPhone kurang responsive.

Untuk memperbaiki dengan cara yang ketiga ini, kita harus menyiapkan 98-99 persen isopropil alkohol, yang dapat ditemukan di toko-toko perangkat keras. Menggunakan kapas, tetes mata, atau tisu, dengan meneteskan 2-3 tetes isopropil alkohol langsung ke tombol home, hindari layar. Kemudian, dengan objek kecil dan lunak (seperti penghapus di belakang pensil), tekan tombol home berulang kali sehingga alkohol merembes ke dalam bingkai.

Lap bersih, dan tunggu sekitar 10-15 menit sebelum memeriksa untuk melihat apakah yang kita lakukan ini berhasil.

Cara 4: Aktifkan On-Screen Home Button

Jika tiga metode yang ada sebelumnya tidak bekerja, sepertinya mungkin tombol home di iPhone kita benar-benar mati. Dalam kasus ini, konektor tombol home mungkin telah sejajar dan akan memerlukan penanganan lebih.

Kabar baiknya adalah, kita masih dapat menggunakan iPhone menggunakan fitur on-screen home button bawaan iOS. Biasanya, ini digunakan sebagai pilihan aksesibilitas, tetapi juga sebagai solusi umum bagi mereka dengan masalah tombol home.

Assitive-Touch-iPhone

Untuk mengaktifkan tombol home pada iPhone, buka Setting > General > Accessibility > Assistive Touch. Hidupkan Assistive Touch, dan kita akan melihat sebuah lingkaran kecil muncul di layar iPhone kita.

Menyentuh lingkaran Assitive Touch akan memberikan empat pilihan: Home, Siri, dan lainnya (untuk hal-hal seperti multitasking dan kontrol playback), dan Favorit. Dalam kasus yang kita alami, abaikan Favorit, tapi tekan tombol Assitive Touch ini pada layar setiap kali kita perlu untuk mengakses halaman awal, mengaktifkan Siri, atau mendapatkan semua pilihan yang biasanya akan kita lihat ketika kita tekan dua kali tombol home.

Jika Tombol Assitive Touch ini mengganggu akses kita di layar, kita bisa menggeser tombol ini dengan menahan tombol Assitive Touch ini beberapa saat, kemudian menggesernya ke posisi lain yang sekiranya tidak mengganggu akses kita di layar.

Apa yang idgeeks.net share di atas bukanlah sebuah solusi permanen dan ideal. Namun 4 Cara Perbaiki Tombol Home iPhone yang Unresponsive yang ada di atas adalah sebuah cara sederhana yang bisa kita lakukan untuk perbaiki masalah tombol Home di iPhone sampai kita bisa membeli iPhone terbaru.

[via CNET]