Aplikasi filtering dan berbagi foto populer, Instagram, kini kalahkan Twitter pada jumlah pengguna aktif di perangkat mobile berdasarkan data dari comScore yang diberikan kepada Mashable. Instagram memiliki 7,3 juta pengguna ponsel aktif setiap hari selama sebulan, sementara Twitter hanya memiliki 6,9 juta.

Bahkan, data dari comScore menunjukkan bahwa jumlah pengguna aktif harian Instagram telah meningkat hampir sepuluh kali lipat dalam periode enam bulan terakhir, terhitung sejak bulan Maret, ketika itu tercatat ada 886.000 pengunjung aktif perharinya. Pengguna Twitter yang mengakses dari perangkat mobile juga telah meningkat, tetapi peningkatannya lebih lambat. Ini mungkin hanya karena fakta bahwa Instagram adalah sebuah perusahaan baru, tapi itu tetap mengesankan.

comscore

Dari data tersebut, tampak bahwa memang Twitter memiliki unique visitor harian lebih banyak dibandingkan Instagram yang hanya 21 juta sementara Twitter 29 juta, tetapi lebih sedikit dari mereka kembali lagi setiap harinya, dan lama kunjungan pengguna Twitter hanya mencatat waktu lebih cepat dibandingkan lama kunjungan rata-rata dari pengunjung ke Instagram. Setiap pengguna Instagram menghabiskan rata-rata 257 menit untuk mengakses aplikasi mobile (atau lebih dari empat jam), sedangkan pengguna Twitter hanya menghabiskan rata-rata 169,9 menit dari perangkat mobile mereka (atau kurang dari tiga jam.)

Data ini didapat dari comScore Mobile Metrix 2.0 tool, yang menggunakan data survei dan perangkat-metering untuk memberikan perkiraan yang lebih komprehensif mengenai penggunaan mobile untuk berbagai situs dan aplikasi. Data diperoleh dari kunjungan ke aplikasi dan situs untuk Instagram dan Twitter dari iOS, Android dan perangkat mobile BlackBerry. Namun, ini jelas tidak memperhitungkan jumlah pengguna aktif yang mengunjungi situs web dari perangkat non-mobile, yang tentunya akan mebuat data jumlah pengguna aktif Twitter bertambah.

Angka-angka terbaru dari comScore jelas menunjukkan bahwa Instagram telah menemukan cara untuk membuat dirinya semakin menguasai pasar aplikasi mobile. Sekarang pertanyaannya adalah: Kapan Facebook memanfaatkan ini dengan mencari cara untuk menguangkan Instagram? Mungkin Jumlah Pengguna Mobile Aktif Twitter tak sebanyak Instagram, namun layanan jejaring sosial satu ini telah memiliki cara dan strategi untuk menghadirkan model iklan di layanan mereka yang diharapkan dapat membantu menghasilkan lebih banyak pendapatan iklan mobile tahun ini dibandingkan Facebook.

[via Mashable]