instagram-android1Mungkin sebagaian besar dari kita pasti bertanya-tanya atau bahkan punya fikiran, setelah Facebook mengakuisisi Instagram, akankah facebook membawa fungsi Instagram untuk kemampuan berbagi foto di Facebook? Tampaknya apa yang menjadi fikiran kita tersebut menemukan jawabannya. Setelah Facebook mengeluarkan dana sebesar 1 Milyar dollar untuk mengakuisisi Instagram, kini Facebook menambahkan dua Filter Instagram untuk salah satu aplikasinya.

Pengguna aplikasi Facebook non-smartphone atau yang biasa dikenal dengan aplikasi ‘Facebook for Every Phone,’ sekarang dapat melakukan filtering foto yang diupload ke mode Sepia atau Grayscale persis seperti yang ditawarkan pada aplikasi Instagram.

Seorang juru bicara Facebook mengungkapkan melalui status Facebooknya bahwa Instagram tidak ada hubungannya dengan fitur baru ini, Melainkan, aplikasi tersebut dikembangkan pada employee hackathon. The New York Times melaporkan pada bulan Agustus 2011 bahwa Facebook sedang mengembangkan satu set filter untuk aplikasi mobile-nya dengan harapan untuk menarik penggemar Instagram untuk menggunakan aplikasi mobile yang mereka kembangkan.

Ini adalah titik yang mengungkap kenapa Facebook sangat tertarik dengan Instagram hingga mereka berani mengeluarkan dana 1 Milyar dollar untuk membeli Instagra. Memang diberapa berita dan informasi yang muncul di internet mengatakan bahwa Facebook tertarik dengan Instagram dikarenakan perkembangan pengguna Instagram yang sangat pesat. Facebook ingin menguasai aplikasi dengan basis pengguna yang besar.

Namun percaya atau tidak, dengan melihat apa yang diberitakan oleh New York Times dan Mashable, jelas Facebook ingin lebih banyak menarik pengguna untuk bergabung dengan Facebook dan menciptakan sebuah ekosistem baru dengan cara menawarkan sebuah fitur sharing dan filtering foto populer dari Instagram. Sisi baiknya, kini pengguna Facebook yang tidak menggunakan smartphone berplatform Andorid maupun iOS yang mendukung aplikasi Instagram, dapat menikmati fitur layaknya Instagram melalui Facebook.

Facebook sendiri memilih untuk tidak mengomentari beberapa pertanyaan yang mengarah ke apa benar Facebook akan membawa fungsi Instagram untuk Facebook maupun aplikasi Mobilenya.

via Mashable