Seperti yang kita informasikan pada postingan IDGEEKS.Net sebelumnya tentang Apple rilis informasi detail OS X terbarunya, yaitu OS X Mountain Lion, bahwa di upgrade mayor OS X ini membawa cukup banyak fitur baru dan penyempurnaan fitur sebelumnya yang sangat membantu kerja penggunanya. Kita sebutkan juga dalam postingan tersebut bahwa OS X Mountain Lion merupakan seri OS X yang membawa fitur dari iPhone dan iPad ke perangkat desktop Apple. Apple membuat OS X Mountain Lion terintegrasi langsung dengan 2 perangkatnya tersebut.

Apple mengatakan bahwa OS X Mountain Lion membawa 100 fitur baru untuk pengguna. Apa saja fiturnya? Tenang, kita harus sedikit bersabar menunggu hingga musim panas tahun ini untuk bisa menikmati fitur-fitur baru dari OS X terbaru Apple tersebut. Dan pada postingan kali ini, kita ingin memberikan sedikit informasi dari 15 fitur unggulan yang ada di OS X Mountain Lion. 15 Fitur baru yang memukau tersebut yaitu,

1. Integrasi lebih dengan iCloud
Siapa yang tidak tau atau kenal dengan teknologi iCloud dari Apple? Teknologi penyimpanan di awan yang memungkinkan pengguna Sync file musik, dan foto langsung dari dan ke berbagai perangkat Apple seperti, iPad, iPhone, Macbook, dan iPod Touch. Dengan hadirnya OS X Mountain Lion, pengguna perangkat desktop dan Macbook Apple dapat melakukan integrasi dengan iCloud lebih jauh. Pengguna OS X Lion dapat melakukan sinkronisasi kalender, kontak dan email di semua perangkat Apple. iCloud syncing hadir untuk mendukung lebih banyak aplikasi, termasuk Messages, Notes dam Reminder. Ini merupakan realisasi dari visi Apple yang ingin mengintegrasikan semua perangkat yang diproduksinya.

iCloud

2. iChat digantikan Messages
Di iOS 5, Apple mengenalkan iMessage untuk perangkat mobilenya, yang mana merupakan tiruan dari program messenger populer di Blackberry, yaitu Blackberry Messenger yang memungkinkan pengguna iOS untuk melakukan pengiriman pesan menggunakan layanan data murni. Dan sekarang iMessage mendapatkan teman baru, yaitu Message untuk perangkat desktop dari Apple. Message menggantikan aplikasi iChat, aplikasi yang memungkinkan pengguna OS X untuk mengakses layanan pesan instant seperti iMessage pada iOS. Dengan Message kita dapat dengan mudah mengirimkan foto dan video, hingga melakukan FaceTime.

Message

3. Notification Center
Seperti yang kita bilang di awal bahwa OS X Lion mengintegrasikan fungsi pada iOS dengan OS X, maka di OS X juga terdapat Notification Center. Fitur yang memungkinkan pengguna menerima pemberitahuan dari berbagai aplikasi yang ada di OS X. Notification Center berada di bagaian kanan atas layar, tapi kita juga dapat menyesuaikan tempatnya kembali. Selain dengan menyorot di bagaian kanan atas layar, kita dapat menampilkan notification center dengan sliding dua jari ke samping pada trackpad kita. Untuk tampilan, tampilan dari notification center pada OS X Mountain Lion mirip dengan tampilan notification center yang ada di iOS 5.

Notification Center

4. Share Fast, Share Often
Di OS X Mountain Lion, Apple menambahkan Share Button di setiap aplikasinya, yang mereka sebut dengan Share Sheets. Sekarang ketika kita menggunakan Safari (contoh), kita dapat cepat mengirim dan membagikan link sebuah website yang kita buka di Safari ke teman lain atau ke layanan sosial media. Hal ini juga berlaku untuk aplikasi lain seperti, iPhoto, QuickTime, dll.

Share

5. Tweet, Twitter di manapun
OS X Mountain Lion kini terintegrasi dengan layanan Twitter. Dengan integrasi ini kita bisa membagikan pengalaman kita menggunakan OS X terbaru ini dengan mentweetkannya ke twitter dari berbagai aplikasi yang ada di OS X Mountain Lion. Integrasi twitter dibangun hampir ke semua aplikasi yang ada di OS X Lion. Dan setiap mention ke akun twitter kita akan muncul di bagaian Notification Center.

Twitter

6. Game Center
Game Center yang selama ini kita lihat ada di iOS kini hadir di OS X Mountain Lion. Hampir sama dengan Game Center yang ada di iOS, Game Center yang ada di OS X Mountain Lion membawa beberapa fitur utama Game Center seperti, Leaderboards, Game Discovery dan Multiplayer Game. Dan mulai sekarang kita dapat bermain Game di Mac dengan teman-teman yang menggunakan perangkat iOS, secara realtime.

Game Center

7. AirPlay Mirroring
Apel Airplay memungkinkan kita secara nirkabel streaming musik dan video ke perangkat yang kompatibel dengan AirPlay, seperti Apple TV. Fitur ini sudah ada di iPhone dan iPad. Ini berarti iPad dan iPhone bisa melakukan streaming video ke layar TV melalui Apple TV, dan dengan hadirnya AirPlay Mirroring di Mac, sekarang Mac akan dapat melakukan hal yang sama seperti iPad dan iPhone untuk streaming video dan foto ke Apple TV. Pada Mac, mirroring dapat mengirim apa pun yang ada di layar Mac kita ke TV yang terhubung ke Apple TV (di resolusi 720p).

AirPlay

8. Reminders
Aplikasi Reminders yang dibawa iOS 5 ke perangkat Mobile Apple kini hadir juga di perangkat desktop Apple malalui OS X Mountain Lion. Reminders yang hadir di Mac ini memungkinkan kita untuk melakukan sinkronisasi Reminders dari perangkat Apple lain, seperti dari iPhone atau iPad kita melalui iCloud. Aplikasi Reminders memungkinkan kita untuk membuat daftar pekerjaan dan sebagai pengingat kita – mirip dengan yang ada di iOS. Namun ada satu hal yang hilang dari aplikasi Reminders di Mac, yaitu fitur pengingat ketika kita berada di sebuah lokasi tertentu tidak ada di versi Mac. Kita tetap membutuhkan iPhone atau iPad untuk mengaktifkan fitur tersebut.

Reminders

9. Notes
Seperti Reminders, Notes kini juga hadir di Mac dengan beberapa kemampuan khusus seperti menciptakan rich text, memungkinkan kita menambahkan foto, film, bulet dan numbering di Notes yang kita buat. Selain itu kita juga bisa membuat Note ini seperti Post-It notes, menempelkan catatan individu di layar atau desktop Mac (Sticky) sehingga catatan atau Notes akan selalu muncul di atas dari aplikasi yang kita buka.

Notes

10. Contacts
Di OS X Mountain Lion, kita tidak akan menemukan aplikasi Address Book, aplikasi ini digantikan dengan aplikasi Contacts. Lagi-lagi sebuah tanda lain bahwa Apple membawa pengalaman iOS ke Mac OS X.

Contacts

11. Safari Tweaks
Browser standar bawaan OS X akan mendapatkan perubahan besar di OS X Mountain Lion. Ini tentu saja merupakan strategi Apple untuk membuat browsernya mampu bersaing dengan Browser yang lain. Perubahan terbesar tampak pada address bar dan kolom pencarian yang digabungkan menjadi sebuah “omnibox.” Selain itu tombol Readers dibuat lebih kelihatan menonjol, dan Safari membuat URL di Address bar tidak memunculkan http://, hanya menampilkan alamat atau url pendek saja tanpa http://. Dan di upgrade terbaru Safari ini, kita dapat juga melakukan Sinkronisasi dengan aplikasi Safari di perangkat Apple lainnya.

Safari Tweaks

12. Gatekeeper
Apple telah memperkenalkan cara baru untuk melindungi Mac kita dari ancaman malware, yang disebut Gatekeeper. Dengan Gatekeeper, kita dapat menentukan di System Prefs tingkat perlindungan yang kita inginkan, apakah untuk menginstal dan menjalankan aplikasi dari App Store Mac, dari store dan pengembang dipercaya (diperiksa oleh Apple) atau dari siapa pun. Kontrol + klik akan memungkinkan Anda mengabaikan pengaturan kita untuk sementara.

Gatekeeper

13. Apple ♥ Cina
Bisnis Apple meledak di Cina (pertempuran hak paten iPad) dan Apple jelas ingin membuat produknya lebih Sino-friendly secepatnya. Mail, Contacts dan Calendar kini bekerja dengan beberapa layanan online terkemuka di Cina, termasuk Baidu. Share Sheets untuk pengguna Cina akan mencakup Website China-based video-sharing, layanan blogging, dan ada beberapa perbaikan untuk masukan teks dasar juga.

Apple love China

14. Perubahan Software Update
Sekarang dengan klik pada Software Update akan membawa kita ke App Store Mac, dan jika ada update software terbaru tersedia, kita akan mendapatkan pemberitahuan yang muncul di bagaian Notification Center. Apple ingin App Store untuk menjadi cara utama pengguna Mac mendapatkan perangkat lunak.

Software Update OS X Mountain Lion

15. Just Call It “OS X”
Ini merupakan perubahan semantik dari Apple, perlu dicatat bahwa Apple telah membuang kata “Mac” dari bagian “Mac OS X” untuk OS barunya.

OS X

Itu tadi adalah informasi 15 Fitur baru yang memukau yang hadir di OS X Mountain Lion yang hadir di musim panas tahun ini. Penasaran? Kita tunggu saja kemunculannya.

Via Apple